Makna Kata "Yahwe" - Yesus Allah Sejati

Yesus Allah Sejati

Yesus Allah Pencipta Langit Bumi

Artikel Terbaru

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 18 Januari 2021

Makna Kata "Yahwe"


Sebelumnya, saya juga sudah pernah menjelaskan makna kata "Yehua"(Lihat Disini) yang memiliki makna kata yang sama artinya dengan "Yahwe". Sekali lagi, kata "Yahwe" adalah sebuah kata yang muncul dari transliterasi bunyi dari tetragrammaton YHVH/YHWH.Tetragrammaton“YHVH/YHWH” berasal dari akar kata"HYH". Secara Theologis Ibrani, bunyi vokal "HYH" memiliki makna :


*Hayah (Aku telah Ada/Pastense/Masa lalu)
*Yihyeh (Aku akan ada/Masa akan datang)
*HoWeh (Aku ada/Present/Masa sekarang)

 

Y (Yod)….*H (He)….*W (Wew)…*H (He)

 

Secara literal, tetragrammaton tersebut mengandung makna : “AKU ADA YANG ADA AKU ADA”. Atau dengan kalimat sederhananya,YHWH/YHVH adalah kata yang bermakna “Yang ada -Yang Berada -Yang akan datang.


Dan Yahwe "bukanlah sebuah nama diri" bagi Tuhan atau "Propper Name". Melainkan "Yahwe" adalah nama sebuah nama sifat, yaitu sifat kekekalan alias sifat "Alfa Dan Omega" alias siafat "Yang Awal Dan Yang Akhir".


Dia KEKAL karena DIA adalah SANG HIDUP.!.Dia adalah SANG HIDUP (ROH - yang bersifat kudus) dari Awal sampai Akhir. Dan segala sesuatu yang bersifat mati, tidak akan pernah disebut kekal.


Keluaran 3
3:14 Firman Allah kepada Musa: "AKU ALFA DAN OMEGA" Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKU ALFA DAN OMEGA telah mengutus aku kepadamu."


Yesaya 44
44:6 Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: "Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku.


Wahyu 1
1:7 Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.
1:8 "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa." 


Wahyu 21
21:6 Firman-Nya lagi kepadaku: "Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir.


Wahyu 22
22:12 "Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya.22:13 Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Post Bottom Ad