Nama Bapa Anak Roh Kudus - Yesus Allah Sejati

Yesus Allah Sejati

Yesus Allah Pencipta Langit Bumi

Artikel Terbaru

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 05 September 2016

Nama Bapa Anak Roh Kudus



Banyak sekali manusia yang tidak bisa menangkap dan memahami makna kalimat ayat Alkitab, meskipun ayat ayat Alkitab itu sudah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia dan sudah biasa dipakainya dalam hidupnya sehari hari.Tidak terkecuali dari sebahagian umat Kristen sendiri, dan juga sebahagian dari antara pendeta sekalipun.
Karena itulah, saya akan mencoba menyingkapkan tentang apa yang selama ini salah difahami banyak orang termasuk umat Kristiani tersebut.Topik yang akan saya bahas dalam tulisan ini adalah untuk memperjelas tentang"Nama Bapa-Nama Anak-Nama Roh Kudus".
Kitab Matius 28
28:19 ....baptislah mereka dalam nama BAPA - ANAK - ROH KUDUS,
1.Apakah "BAPA" adalah sebuah nama diri pribadi?

TIDAK.!..Bapa adalah sebuah posisi bagi Sang ROH kekal yang kudus layaknya orang tua pengasuh dan pengayom bagi manusia.

2.Apakah "ANAK" adalah sebuah nama diri pribadi?

TIDAK.!.."Anak adalah menjelaskan mengenai"kepemilikan jasmani"yang dilahirkan Maria

3.Apakah "ROH KUDUS" adalah sebuah nama diri pribadi?

Tidak.!..ROH adalah Hakekat Diri TUHAN, Essensi Diri-Nya.Kudus adalah menjelaskan Sifat Diri-Nya yang suci dan Adil.

Lalu apakah maksud pesan dan"Nama"apakah yang dimaksudkan YESUS dalam ayat Alkitab tersebut diatas - Kitab Matius 28 : 19?--Sebelum saya jabarkan maksud pesan dan"Nama" apa yang dimaksud oleh Yesus diatas, maka sepintas kita akan membangun latar belakang dari tujuan penamaan-penamaan didalam maksud pesan ayat-ayat Alkitab.

Satu nama paling menonjol dalam keseluruhan ayat Alkitab terpusat pada sebuah nama yaitu "YESUS"!. Apakah"YESUS"adalah sebuah nama Diri Pribadi bagi tubuh jasmani yang didiami TUHAN sebagai baitNya dibumi?.Ada dua sudut pandang yang berbeda dalam memastikan jawaban ini!
NOTE : Dalam tulisan ini saya akan membahas arti atau"Maksud Surgawi" dari sebuah”Nama”yang dirujuk kepada pribadi TUHAN.
1.Sudut pandang manusia.

Bagi manusia, sebuah nama diri adalah sebuah Identitas!Melekat sebagai gambaran pribadi dari yang empunya sebuah nama.Tergambarkan suatu kesimpulan singkat tentang spesifikas diri dari yang empunya sebuah nama.Walaupun para pujangga sering berucap“apalah arti sebuah nama”, tetapi pendapat demikian kurang tepat, sebab bagi manusia memang penting adanya sebuah indentitas diri dalam menghadapi interaksi sosialnya dengan sesama manusia lain.

Sehingga dengan memakai sudut pandang manusia maka”YESUS”adalah sebuah nama diri bagi Tubuh Jasmani yang didiami oleh Allah Abraham Ishak dan Yakub tersebut.Bahkan yang lebih extreme pemahaman sebahagian orang Kristen adalah, kalau“YESUS”adalah nama Diri Tuhan.Sebab dasar kesimpulan seperti itu muncul karena manusia sering memaknai firman Tuhan dari sudut pandang manusia.
Kitab Matius 1
1:21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan…Engkau akan menamakan Dia"Yesus", karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka."
Tetapi seandainya kita hanya mengikuti perspektif manusia dalam hal memaknai maksud sebuah tulisan“Nama” didalam ayat ayat Alkitab, maka manusia akan bisa terjebak dan bingung sendiri ketika menemukan fakta lain yang berbunyi demikian:
Kitab Yeremia 16
16:21 "Sebab itu, ketahuilah, Aku mau memberitahukan kepada mereka, sekali ini Aku akan memberitahukan kepada mereka kekuasaan-Ku dan keperkasaan-Ku, supaya mereka tahu, bahwa “Nama-KU TUHAN."
Kalau kita berpijak memaknai Firman TUHAN dari perspektif manusia sebagaimana tertulis didalam Kitab Matius diatas, dimana dalam Kitab Matius tersebut dituliskan kalau “YESUS” adalah sebuah “NAMA”bagi TUHAN.Namun ternyata kemudian dalam Kitab Yeremia yang lebih dahulu dituliskan demikian “Nama-KU TUHAN”. Apakah dua fakta ini adalah bentuk pertentangan ayat ayat Alkitab?, Jelas Tidak!...
Makna frasa"YESUS"
Frasa” YESUS” dalam aksara Ibrani adalah YEHOSYUA HAMASIAKH.
Kata יהושוע - YEHOSYUA' berasal dari dua kata Ibrani yaitu יהוה - YHVH (TUHAN) dan ישע - YÂSYA' (menyelamatkan).
Jadi, “YESUS” maknanya adalah : "YHVH (TUHAN) adalah keselamatan" atau "YHVH (TUHAN) menyelamatkan",
Makna kata ישע - YÂSYA' (menyelamatkan} dan יה - YÂH (TUHAN).
Jadi didalam frasa"YESUS" sudah terkandung pengertian"TUHAN" atau "Penguasa.
2.Sudut Pandang Surgawi

Bagi TUHAN, penyampaian sebuah“Sebutan”tentang diriNya kepada manusia dalam penyataan-Nya, sangat berbeda maksud dan tujuan Tuhan dengan apa yang sedang dipikirkan manusia.

Ketika TUHAN menyampaikan sebuah“Nama Penyataan Diri” kepada bangsa Israel saat itu, bukanlah maksudnya kalau TUHAN sedang menyatakan sebuah nama diri PribadiNya.Sebab sesungguhnya,Tuhan sama sekali tidak memiliki sebuah nama diri pribadi sebagai alat Identitas-Nya. sebagaimana layaknya makhluk.Karena identitas diri Tuhan kita sudah dengan terang disingkapkan oleh Tuahn Yesus sendiri, dengan berkata bahwa"Allah" itu “Sang Roh atau Sang Hidup".
Kitab Yohanes 4
4:24. Allah itu ...ROH...

ROH (Ruach Hakodesh =  רוּ×—ַ ×”ַקֹּדֶשׁ  = Roh Kudus = Holy Spirit)-atau SANG ROH artinya Sang Hidup = Sumber Kehidupan = Sumber Aaktivasi = Sumber Power = Sumber Tenaga = Sumber Spirit = Sumber Kuasa = Sumber Daya.

Inilah Identitas diri Tuhan yang benar, yaitu ROH kekal yang suci atau sering disebut Roh Kudus!Jadi dengan demikian terbukti kalau Tuhan kita, sebenarnya tidak pernah punya nama diri pribadi!Hanya makhluk yang punya nama diri pribadi sebagai kesimpulan singkat tentang gambaran dirinya untuk diketahui pihak lain!

Karena itulah..bukan sebuah hasil imaginasi dan tafsir pribadi yang saya nyatakan dalam tulisan ini, kalau ternyata TUHAN kita itu sama sekali tidak pernah punya Nama Diri pribadi/Proper Name sebagaimana layaknya makhluk.Persepsi manusialah yang kemudian menyimpulkan bahwa sebuah nama yang disampaikan oleh TUHAN kepada manusia, sering ditangkap oleh pihak manusia adalah berkaitan dengan sebuah nama diri pribadi bagi TUHAN.Padahal maksud dari sudut pandang Surgawi justru tidaklah demikian!Demikian sepintas uraian dasar dua titik pandang untuk bisa memahami ayat Alkitab tentang arti sebuat kata“Nama” bagi Tuhan.

TUHAN kita sering menyatakan dan mengenalkan diri-Nya dalam :

1.Nama Karya Hakekat diri-Nya
2.Nama Sifat Hekekat Diri-Nya

Apa itu “Hakekat” ?--Hakekat adalah Jati Diri= Essensi Diri Tuhan!--Apa itu Nature Konstitusi Diri Tuhan?..Yaitu Roh Kekal yang Qudus atau suci.
  • Apa itu Nama Karya ?--Yaitu 'Nama Sebuah Perbuatan'...baik itu suatu perbuatan yang sudah dilakukan maupun yang akan dilakukanNya kemudian.
  • Apa itu Nama Sifat ?, Yaitu Sebuah Nama Sifat yang menjadi Essensi DiriNya.
Contoh Nama SIFAT HAKEKAT yang pernah dinyatakan TUHAN dalam pengenalan diri-Nya :"YHVH/YHWH/YAHWE/YEHUA/YAHWA=AKULAH AKU".Nama sifat HAKEKAT itu lebih dikenal dengan Istilah TETRAGRAMMATON“YHVH” berakar dari kata “HYH”.Secara Theologis"HYH" memiliki makna/maksud dasar sebagai berikut :
*HaYAH (Aku telah Ada/Pastense/Masa lalu)
*Yihyeh (Aku akan ada/Masa akan datang)
*HoWeh (Aku ada/Present/Masa sekarang)

Jadi YHVH/YHWH/YAHWE/YEHUA/YAHWA, makna ringkasnya adalah :
          *Yang Ada Yang Berada Yang Akan Datang
          *Yang Awal dan Yang Akhir
          *Yang Pertama dan Terkemudian.

Dalam bahasa Yunani disebut Alfa dan Omega.(Silahkan baca refferensi ayat Alkitabnya dalam)
*Kitab Yesaya 44 : 6
*Kitab Wahyu 1 : 8
*Kitab Wahyu 21 : 6
*Kitab Wahyu 22 : 13

Jadi YHVH/YHWH atau YAHWE bukanlah sebuah nama diri pribadi TUHAN, melainkan sebuah pernyataan sifat kekekalan Diri-Nya.

Kita kembali ke topik !!

Lalu siapakah Nama BAPA - Nama ANAK- Nama ROH KUDUS yang dimaksudkan oleh Tuhan Yesus dalam catatan Kitab Matius 28 : 19 tersebut diatas?

I.Siapakah Nama BAPA?
*A.Kitab Ulangan 18
18:19.Orang yang tidak mendengarkan segala Furman-KU yang akan diucapkan nabi itu'Demi Nama-Ku',dari padanya akan Ku-tuntut pertanggungjawaban.

*B.Kitab Yohanes 1
1:10 Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya.
1:11 Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya,..

*C.Kitab Yohanes 5
5:43 Aku datang Dalam Nama Bapa-Ku

*D. Kitab Yohanes 17
17:6. Aku telah menyatakan Nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku ….
Siapakah yang sedang mengatakan kalimat"Nama-Mu yang Engkau berikan kepada-Ku"?
Jawabnya : Yesus 

Siapa Nama-Nya ?: Jawabnya 'Yesus"

Jadi Nama apa yang diberikan Bapa? : jawabnya "Yesus".
*E. Kitab Yohanes 12
12:13 …Diberkatilah Dia yang datang "Dalam Nama" TUHAN,
12:45 Dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah Mengutus Aku.
Perhatikan : Siapakah yang dimaksudkan"datang"dalam Kitab Yohanes 12 : 13?

Jawabnya : YESUS -- dalam "Nama apa" Dia datang? ---Jawabnya : Dengan Nama Yesus.
F.Kitab Keluaran 3
3:14 Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU." Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus AKU kepadamu.

*G. Kitab Yohanes 10
10:30 AKU dan BAPA adalah SATU....

*H.Kitab Yohanes 14
14:9 Kata Yesus kepadanya: "Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa;.
14:10 …tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.
Jadi "Nama BAPA" yang disembah Musa dan Nabi Nabi Bangsa Israel yang lain adalah namaYESUS

II.Siapakah Nama ANAK?
A.Kitab Lukas
2:11 Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus,…TUHAN…

B.Kitab Matius 1
1:21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan Engkau akan menamakan Dia "Yesus", karena Dialah yang akan Menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka."
Perhatikan petikan kalimat : "Menamakan Dia "Yesus"!

Jadi Nama Anak adalah ”Yesus

III.Sipakah Nama ROH KUDUS?

ROH artinya HIDUP--ROH adalah HAKEKAT SEJATI DIRI TUHAN-NATURE KONSTITUSI-Nya.

*A.Kitab Yohanes 4
4:24. Allah itu ...ROH...

*B.Kitab Yohanes 14
14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa "Dalam Nama-Ku-(Yesus)"

*C.Kitab Yohanes 14
14:6 ..."Akulah JALAN dan Kebenaran dan Hidup (ROH)
14:19 ...sebab AKU Hidup (ROH), dan kamu pun akan hidup(roh)

*D.Kitab Yohanes 14
14:18. Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku.. datang kembali kepadamu.
14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.
14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa"dalam Nama-Ku"..

Perhatikan beberapa pesan rahasia dan tersembunyi yang diucapkan Tuhan Yesus didalam Yohanes 14 : 18-26 .

1.Aku-"Datang Kembali"-kepadamu : Yesus pada saat akan kembali kepada hakekat diri-Nya yang adalah sang Roh yang kudus, akan datang kembali dalam sekejab dan menyertai murid-murid-Nya dan berdiam didalam tiap-tiap orang percaya sampai akhir zaman.
2."yang akan diutus oleh Bapa-"Dalam Nama-Ku": Roh Kudus itu akan datang dengan nama Yesus
3.'Aku akan minta kepada Bapa' : Kalimat ini menerangkan kalau Roh kudus itu belum datang.

Tetapi jikalau orang kristen jeli membaca dan mau memperhatikan dan mau mendengar dan mau merenungkan firman itu siang dan malam tentang apa yang diucapkan Yesus diayat lanjutannya yang berkata kepada murid-Nya demikian'Tetapi Kamu Mengenal Dia', maka kita dapat membahasnya demikian:
  • Disatu sisi, Yesus berkata jikalau Ia tidak pergi, maka 'Penghibur' yaitu Roh kudus tidak akan datang ,makanya Yesus berkata akan meminta kepada Bapa seorang penolong yang lain.
  • Yesus juga berkata Dunia tidak dapat menerima si Penghibur yaitu Roh Kudus, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia.
  • Tetapi disisi lain, Yesus juga berkata bahwa murid-mudir-Nya sudah mengenal penghibur itu, yaitu Roh kudus itu.
Bukankah yang dikenal oleh murid-murid-Nya adalah Yesus itu sendiri?. Sedangkan disatu sisi Yesusu berkata  kalau penghibur itu belum datang kalau Yesus tidak pergi. Maka tepat dan berkesesuaianlah teka-teki Yesus yang berkata, "yang akan diutus oleh Bapa-"Dalam Nama-Ku"

Jadi Nama ROH KUDUS adalah YESUS”.
Kisah Para Rasul 2
2:38 Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.
Kisah Para Rasul 10
10:48 Lalu ia menyuruh mereka dibaptis dalam nama Yesus Kristus

Kisah Para Rasul 10
19:5 Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.
Sebagaimana saya sudah singgung tadi diatas,bahwa pengertian dari kata“Yesus”bukanlah artinya sebuah Nama Diri bagi Tuhan!.Makna nama“Yesus” dalam perspektif Surgawi adalah nama sebuah Karya Tuhan!. Nama“Yesus” dalam perspektif surgawi adalah sebuah nama perbuatan Tuhan. yaitu “Perbuatan Menyelamatkan = Karya Menyelamatykan.!!

Jadi Nama Bapa – Nama Anak - Nama Roh Kudus adalah nama"YESUS". Makna nama tersebut adalah sebagai berikut :

1.Penguasa Perkasa Sejati"Menyelamatkan" manusia.
2.Sang Alfa dan Omega "Menyelamatkan" manusia
3.YHVH "Menyelamatkan" manusia
4.Aku Adalah Aku "Menyelamatkan" manusia
5.Yang Awal dan Yang Akhir "Menyelamatkan" manusia
6.Yang ada Yang berada dan Yang akan datang "Menyelamatkan" manusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Post Bottom Ad