Makna"Banga Israel" - Yesus Allah Sejati

Yesus Allah Sejati

Yesus Allah Pencipta Langit Bumi

Artikel Terbaru

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 15 Agustus 2016

Makna"Banga Israel"

Kali ini kita akan belajar pendalaman Alkitab mengenai Istilah"Israel",sebuah nama baru dalam perspektif manusia, yang disematkan TUHAN melalui Malaikat-Nya kepada Yakub.Tetapi dari prespektif surgawi, "Israel" tentu bukanlah maksudnya akan menjadi sebuah nama diri seorang manusia untuk diri Yakub pribadi.Melainkan suatu sebutan bagi semua manusia bumi yang telah menjadi pemberontak kepada TUHAN.

"Israel" adalah suatu sebuatan bagi semua manusia yang sudah memberontak kepada TUHAN mulai dari taman eden.Manusia yang tidak mau percaya kepada peringatan TUHAN akan kematian jasamani yang akan dialami manusia bila sampai memakan buah pengetahuan-(Kitab Kejadian 2:17)yang dilarang untuk dimakan manusia.Karena pada dasarnya, manusia diciptakan oleh TUHAN adalah menikmati kebaikan TUHAN untuk hidup kekal ditaman Eden.

"Israel" adalah juga suatu sebutan bagi semua manusia keras kepala dan berkepala batu, yang egois terhadap sesama manusia, suka menipu dan yang sangat suka menganggap remeh peringatan TUHAN.Manusia bodoh yang telah memilih jalan penderitaan bagidirinya dan keturunannya dengan memilih mengalahkan perintah TUHAN-(Kitab Kejadian 32 : 28)-didalamhidupnya dan memenangkan segala hawa nafsu kedagingan, kesombongan dan keangkuhan untuk berharap bisa lebih maha kuasa lagi-(Kitab Kejadian 3 :5), melebihi batas terhadap apa yang sudah diperlengkapi oleh TUHAN sebelumnya ditaman eden.

"Israel" adalah juga sebutan bagi semua manusia, yang telah memberontak kepada TUHAN, namun akhirnya mau diajak kembali pulang oleh TUHAN kedalam taman eden yang baru dizaman kerajaan seribu tahun-(KitabYesaya 60 :19-20) + (Kitab Yesaya 65 : 17), dengan cara manusia harus tunduk dan taat menerima hukumannya untuk dimatikan dikayu salib-(Kitab Yesaya 53 : 10)+(Kitab Matius 16:24), agardapat menerima Anugerah keselamatan dari TUHAN, lewat penegakan Hukum TUHAN yang mematikan semua manusia bumi, lewat satu kematian jasmani yang didiamidan digiring oleh TUHAN sendiri-(Kitab Matius 26 : 2)
Kitab Matius 13
13:10 Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: "Mengapa Engkau berkata-kata kepada mereka-(Penyangkal Penyaliban) dalam perumpamaan?"
13:11 Jawab Yesus: "Kepadamu-(Israel)- diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak.
Sejak semula TUHAN YESUS yang adalah ALLAH Abraham itu sendiri, telah menjanjikan sebuah Tanah perjanjian (Yerusalem) yang sesungguhnya adalah perlambang dari Tanah kekal (Surga diakhir) zaman.
Kitab Kejadian 13
13:14. Setelah Lot berpisah dari pada Abram, berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pandanglah sekelilingmu dan lihatlah dari tempat engkau berdiri itu ke timur dan barat, utara dan selatan,
13:15 sebab seluruh negeri yang kaulihat itu akan Kuberikan kepadamu dan kepada keturunanmu untuk selama-lamanya.

Kitab Kejadian 15
15:13 Firman TUHAN kepada Abram: "Ketahuilah dengan sesungguhnya bahwa keturunanmu akan menjadi orang asing dalam suatu negeri, yang bukan kepunyaan mereka, dan bahwa mereka akan "diperbudak dan dianiaya", empat ratus tahun lamanya.
15:14 Tetapi bangsa yang akan memperbudak mereka, akan Kuhukum, dan sesudah itu mereka akan keluar dengan membawa harta benda yang banyak.

Kitab Kejadian 17
17:7. Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu.
17:8 Kepadamu dan kepada keturunanmu akan Kuberikan negeri ini yang kaudiami sebagai orang asing, yakni seluruh tanah Kanaan akan Kuberikan menjadi milikmu untuk selama-lamanya; dan Aku akan menjadi Allah mereka."
17:21 Tetapi perjanjian-Ku akan Kuadakan dengan Ishak, yang akan dilahirkan Sara bagimu tahun yang akan datang pada waktu seperti ini juga."

Kitab Kejadian 21
21:12 Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.

Kitab Kejadian 22
22:18 Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku."

Kitab Yesaya 43
43:21 umat yang telah Kubentuk bagi-Ku akan memberitakan kemasyhuran-Ku."

Kitab Yesaya 49
49:3 …"Engkau adalah hamba-Ku, Israel, dan olehmu Aku akan menyatakan keagungan-Ku."
Berdasarkan janji TUHAN dalam uraian ayat Alkitab diatas,maka adalah benar dan tepat kalau TUHAN YESUS hanya akan menggenapi janjiNya sendiri kepada bangsa Israel sebagai pewaris janji yang berstatus keturunan Abraham. Jadi TUHAN YESUS tidak akan menepati janji-Nya kepada orang yang sama sekali tidak pernah menerima Janji Kekal-Nya.

Apakah makna komprehensip atau ESSENSI pesan dari kalimat"Bangsa ISRAEL"?

Jawabnya : Manusia yang tegar tengkuk keras kepala dan berkepala batu, manusia(Adam) yang memberontak kepada TUHAN dengan mengalahkan perintah TUHAN dan selalu memenangkan hawa nafsu manusiawinya masing masing. Tetapi karena kasih TUHAN yang besar, maka TUHAN berkenan mengampuni manusia yang mau kembali kepada-Nya.
Kitab Kejadian 32
32:28 Lalu kata orang itu: "Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah "Bergumul Melawan" Allah dan manusia, dan engkau menang."

Kitab Yesaya 48
48:4 Oleh karena Aku tahu, bahwa engkau tegar tengkuk, keras kepala dan berkepala batu,
Bangsa ISRAEL adalah gambaran atau personifikasi semua manusia bumi yang mengikuti Tuhan yang benar!"Bangsa"makna ringkasnya adalah "Satu Rumpun", baik satu rumpun jasmani atau satu rumpun secara rohani". ISRAEL maknanya secara rohani adalah"Umat Tebusan TUHAN semesta alam" dari perbudakan Dosa. ISRAEL sama artinya dengan  umat manusia yang mau diselamatkan/ditebus. Jadi setiap manusia dari segala penjuru dimuka bumi ini, yang mau menjadi umat tebusan dan mau menerima dan menghargai anugerah keselamatan kekal dari TUHAN, maka manusia demikian akan disebut"ISRAEL."
Kitab Ulangan 4
4:37 Karena Ia mengasihi nenek moyangmu dan memilih keturunan mereka, maka "Ia sendiri" telah membawa engkau keluar dari Mesir (Dunia) dengan kekuatan-Nya yang besar,

Kitab Ulangan 7
7:6 Sebab engkaulah umat yang kudus bagi TUHAN, Allahmu; engkaulah yang dipilih oleh TUHAN, Allahmu, dari segala bangsa di atas muka bumi untuk menjadi umat kesayangan-Nya.
7:8 ....karena TUHAN mengasihi kamu dan memegang sumpah-Nya yang telah diikrarkan-Nya kepada nenek moyangmu, maka TUHAN telah membawa kamu keluar dengan tangan yang kuat dan menebus engkau dari rumah perbudakan, dari tangan Firaun, raja Mesir

Kitab Yesaya 62
62:12 Orang akan menyebutkan mereka "Bangsa Kudus", "Orang-orang tebusan TUHAN", dan engkau akan disebutkan "yang dicari", "kota yang tidak ditinggalkan".

Kitab Yehezkiel 2
2:3 Firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, Aku mengutus engkau kepada orang Israel, kepada bangsa pemberontak yang telah memberontak melawan Aku. Mereka dan nenek moyang mereka telah mendurhaka terhadap Aku sampai hari ini juga.
2:4 Kepada keturunan inilah, yang keras kepala dan tegar hati, Aku mengutus engkau dan harus kaukatakan kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH.
2:5 Dan baik mereka mendengarkan atau tidak--sebab mereka adalah kaum pemberontak--mereka akan mengetahui bahwa seorang nabi ada di tengah-tengah mereka.

Kitab Yehezkiel 3
3:4 Firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, mari, pergilah dan temuilah kaum Israel dan sampaikanlah perkataan-perkataan-Ku kepada mereka.
3:5 Sebab engkau tidak diutus kepada suatu bangsa yang berbahasa asing dan yang berat lidah, tetapi kepada kaum Israel;
3:6 bukan kepada banyak bangsa-bangsa yang berbahasa asing dan yang berat lidah, yang engkau tidak mengerti bahasanya. Sekiranya aku mengutus engkau kepada bangsa yang demikian, mereka akan mendengarkan engkau.
3:7 Akan tetapi kaum Israel tidak mau mendengarkan engkau, sebab mereka tidak mau mendengarkan Aku, karena seluruh kaum Israel berkepala batu dan bertegar hati.
3:8 Lihat, Aku meneguhkan hatimu melawan mereka yang berkepala batu dan membajakan semangatmu melawan ketegaran hati mereka.
3:9 Seperti batu intan, yang lebih keras dari pada batu Kuteguhkan hatimu; janganlah takut kepada mereka dan janganlah gentar melihat mukanya, sebab mereka adalah kaum pemberontak."
3:10 Selanjutnya firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, perhatikanlah segala perkataan-Ku yang akan Kufirmankan kepadamu dan berikanlah telingamu kepadanya.
3:11 Mari, pergilah dan temuilah orang-orang buangan,

Kitab Yehezkiel 44
44:6 Katakanlah kepada kaum pemberontak, ...yaitu... kaum Israel: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Cukuplah perbuatan-perbuatanmu yang keji itu, hai kaum Israel,
Dengan dasar Alkitabiah diatas, bahwa apa itu makna bangsa Israel, maka kita-pun akan mengetahui maksud dari ucapan TUHAN YESUS dibawah ini
Kitab Matius 15
15:24 Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel."
15:26 .. "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada Anjing."

Kitab Matius 23
23:37 "Yerusalem, Yerusalem, ....Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, Tetapi kamu tidak mau
Arti dan maksud pesan YESUS dalam ayat Alkitab tersebut adalah :

1.YESUS datang dalam perwujudan manusia, adalah untuk menyelamatkan manusia, yang memang mau menerima dan menghargai Anugerah Keselamatan kekal dari TUHAN.
2.Semua manusia yang mau menerima dan menghargai Anugerah Keselamatan kekal/ditebus, disebut "ISRAEL".
3.Sedangkan manusia yang menolak dan menghina Anugerah keselamatan kekal dari TUHAN YESUS, dan menyangkal penebusan/menyangkal penyaliban yang sudah dilakukan oleh TUHAN sendiri, maka sudah pasti adalah umat"Umat Iblis" alias disebut oleh TUHAN YESUS sebagai"ANJING".

Fakta itu diperkuat dengan penegasan TUHAN YESUS dalam ayat Alkitab ini :
Kitab Matius 16
16:24. Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang" yang mau mengikut Aku (TUHAN), ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.
Demikianlah penjelasan lengkap dari maksud 'Bangsa Israel' yang dimaksudkan oleh Firman Tuhan. Sehingga dengan memahami makna bangsa Israel sesuai sudut pandang dari Tuhan, kita dapat mulai sadar diri ketika membaca Alkitab, bahwa apa yang merupakan teguran dan hardikan Tuhan kepada 'Bangsa Israel", sesungguhnya adalah sebuah hardikan dan teguran yang ditujukan kepada kita manusia sebagai umat kristen diseluruh dunia. Dan bukan hanya ditujukan kepada bangsa Yahudi. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Post Bottom Ad