Apa Maksud Ucapan Tuhan 'Hai Bangsaku'? - Yesus Allah Sejati

Yesus Allah Sejati

Yesus Allah Pencipta Langit Bumi

Artikel Terbaru

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 16 Oktober 2017

Apa Maksud Ucapan Tuhan 'Hai Bangsaku'?

Apa Maksud Ucapan Tuhan 'Hai Bangsaku'?


Artikel ini masih memiliki kaitan dengan artikel lainnya di website ini juga yang berjudul (Bangsa Penerima Kerajaan Allah) dan juga artikel berjudul (Israel Bukan Artinya Bangsa Yahudi). Sehingga nantinya pembaca artikel ini dapat memperdalam pemahamannya tentang artikel ini dengan membaca dua artikel sebelumnya yang saya sebutkan dalam link internal tersebut.


Berkaitan dengan judul artikel ini kita akan memetik kalimat lengkap ucapan Tuhan dari dalam:

Kitab Mazmur 78

78:1. Pasanglah telinga untuk pengajaranku, 'hai bangsaku', sendengkanlah telingamu kepada ucapan mulutku.
78:2 Aku mau membuka mulut mengatakan amsal, aku mau mengucapkan teka-teki dari zaman purbakala.

Kita berfokus kepada kalimat petikan dari ayat Alkitab diatas yang berbunyi 'hai bangsaku'.

Mungkin kita tidak pernah mencermati atau malah sering kita sepelekan kalimat ucapan Tuhan ini karena pada dasarnya kita manusia adalah memang manusiia yang suka poura-pura mendengar dan memperhatikan ucapan Tuhan. Karena itu kita tidak perlu heran lagi kalau dalam satu petikan kalimat singkat ini memang tidak pernah diangkat menjadi bahan khotbah dimimbar gereja atau di mimbar komsel(persekutuan doa keluarga).

Sekarang kita akan mencoba menggali maksud ucapan Tuhan tersebut yang akan sekaliigus mengena dan berkaiitan kepada apa yang kemudian dinyatakan Tuhan didalam:

Kitab Matius 15

15:24 Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel."
15:25 Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: "Tuhan, tolonglah aku."
15:26 Tetapi Yesus menjawab: "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing."

Pertanyaan pertama yang akan kita ajukan kepada diri kiat sendiri adalah, apakah Tuhan itu adalah manusia sehingga di mengucapak diri-Nya adalah sebagai bahagiuan dari suatu bangsa, makanya Dia berkata 'Pasanglah telinga untuk pengajaranku, hai bangsaku'.?--Jawabnya jelas kalau Tuhan itu adalah Sang Roh yang kudus. Sang Hidup kekal yang jelas bukan merupakan satu dari antara sekumpulan manusia.

Lalu apakah maksud kalimat ucapan Tuhan tersebut?--Jawabnya- adalah mengenai suatu 'bangsa kudus'. Jadi kalimat dalam ucapan Tuhan itu bukanlah dimaksudkan sebagai bangsa daging Yahudi dalam dunia. Melainkan merujuk kepada suatu bangsa baru yang kudus yang dikuduskan oleh-Nya sendiri bagi kemuliaan Nama-Nya.

A. Kitab Keluaran 31

31:12. Berfirmanlah TUHAN kepada Musa:
31:13 "Katakanlah kepada orang Israel, demikian: Akan tetapi hari-hari Sabat-Ku harus kamu pelihara, sebab itulah peringatan antara Aku dan kamu, turun-temurun, sehingga kamu mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, yang menguduskan kamu.

B. Kitab Imamat 19

19:1. TUHAN berfirman kepada Musa:
19:2 "Berbicaralah kepada segenap jemaah Israel dan katakan kepada mereka: Kuduslah kamu, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, kudus.

C.Kitab Yesaya 66

66:20 Mereka itu akan membawa semua saudaramu dari antara segala bangsa sebagai korban untuk TUHAN di atas kuda dan kereta dan di atas usungan, di atas bagal dan unta betina yang cepat, ke atas gunung-Ku yang kudus, ke Yerusalem, firman TUHAN, sama seperti orang Israel membawa korban dalam wadah yang tahir ke dalam rumah TUHAN.
66:21 Juga dari antara mereka akan Kuambil imam-imam dan orang-orang Lewi, firman TUHAN.

D.Kitab Yesaya 62

62:12 Orang akan menyebutkan mereka “BANGSA KUDUS”,Orang orang tebusan TUHAN”, dan engkau akan disebutkan “yang dicari”, “kota yang tidak ditinggalkan”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Post Bottom Ad