Apakah Pekerjaan Bapa? - Yesus Allah Sejati

Yesus Allah Sejati

Yesus Allah Pencipta Langit Bumi

Artikel Terbaru

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 12 September 2016

Apakah Pekerjaan Bapa?

Yesus Allah Sejati Bagi Semua Makhluk


Kali ini kita akan belajar Alkitab untuk melakukan pendalaman pemahaman ayat Alkitab, yang terambil dari kitab Yohanes 5 : 1- 19, yang bunyinya demikian:

Kitab Yohanes 5

5:16 Dan karena itu orang-orang Yahudi berusaha menganiaya Yesus, karena Ia melakukan hal-hal itu pada hari Sabat.
5:17. Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga."
5:18 Sebab itu orang-orang Yahudi lebih berusaha lagi untuk membunuh-Nya, bukan saja karena Ia meniadakan hari Sabat, tetapi juga karena Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya sendiri dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah. 
5:19 Maka Yesus menjawab mereka, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau tidak Ia melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak

Dalam ayat Alkitab ini, kita akan berfokus pada dua pesan Implisit yang perlu sekali untuk kita cermati secara baik-baik.Pesan implisit yang saya maksudkan dari ayat Alkitab diatas adalah mengenai pesan yang berbunyi : "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga." dan juga pesan yang berbunyi"sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak.".

Sebelum kita melakukan pendalaman makna pesan implisit dalam ayat Alkitab tersebut, baiklah kita kembali kepada dasar tulisan ini yang berjudul"Apakah Pekerjaan Bapa?" yang umum segera dapat diketahui manusia berdasarkan catatan Alkitab.Jawabanya :"Menciptakan Langit dan bumi dan seluruh Isinya dan juga Alam semesta yang luasnya tidak terbatas.".Demikianlah kira-kira kalimat lantang dan cepat yang akan diucapkan oleh setiap umat kristen ketika mendapat pertanyaan sebagaimana judul tulisan ini.

"BAPA" lebih sering identik dan terposisikan sebagai pembuka Karya Ilahi dalam kehidupan manusia.BAPA sering terposisikan hanya sebagai TUHAN yang pernah berfirman dan berjanji kepada Abraham -Ishak-Yakub-Musa dan bangsa Israel.

Sedangkan ketika YESUS hadir kedunia dengan segala pekerjaan-Nya, maka umat kristen jadi sering melupakan dan menganggap bahwa BAPA saat itu sedang bertahtah disurga.Pemikiran umat Kristen seperti ini tergiring menjadi terkotak-kotak. Pemikiran umat kristen bisa sampai demikian karena sering mengabaikan sejarah dan ketidakperdulian untuk memaknai maksud pesan Firman TUHAN.

Padahal "BAPA"justru selalu sering mengingatkan manusia akan pentingnya sebuah sejarah sebagai dasar pengingatan untuk bisa memahami akan segala perbuatan dan segala pesan perkataan TUHAN. TUHAN selalu banyak mengingatkan kepada anak anak-Nya demikian :

A.Kitab Keluaran 14

14:21. Lalu Musa mengulurkan tangannya ke atas laut, dan semalam-malaman itu TUHAN MEGUAKKAN air laut dengan perantaraan angin timur yang keras, membuat laut itu menjadi tanah kering; maka TERBELAH-lah air itu.
14:31 Ketika dilihat oleh orang Israel, betapa besarnya perbuatan yang dilakukan TUHAN terhadap orang Mesir, maka takutlah bangsa itu kepada TUHAN dan mereka percaya kepada TUHAN dan kepada Musa, hamba-Nya itu.

B.Kitab Keluaran 16

13:8 Pada hari itu harus kauberitahukan kepada anakmu laki-laki: Ibadah ini adalah karena mengingat apa yang dibuat TUHAN kepadaku pada waktu aku keluar dari Mesir.
13:9 Hal itu bagimu harus menjadi tanda pada tanganmu dan menjadi peringatan di dahimu, supaya hukum TUHAN ada di bibirmu; sebab dengan tangan yang kuat TUHAN telah membawa engkau keluar dari Mesir.
13:14 Dan apabila anakmu akan bertanya kepadamu di kemudian hari: Apakah artinya itu? maka haruslah engkau berkata kepadanya: Dengan kekuatan tangan-Nya TUHAN telah membawa kita keluar dari Mesir, dari rumah perbudakan.

C.Kitab Keluaran 24

24:12. TUHAN berfirman kepada Musa: "Naiklah menghadap Aku, ke atas gunung, dan tinggallah di sana, maka Aku akan memberikan kepadamu loh batu, yakni hukum dan perintah, yang telah Kutuliskan untuk diajarkan kepada mereka."
24:18 Masuklah Musa ke tengah-tengah awan itu dengan mendaki gunung itu. Lalu tinggallah ia di atas gunung itu empat puluh hari dan empat puluh malam lamanya.

D.Kitab Ulangan 10

10:1. "Pada waktu itu berfirmanlah TUHAN kepadaku: Pahatlah dua loh batu yang serupa dengan yang mula-mula, naiklah kepada-Ku ke atas gunung, dan buatlah sebuah tabut dari kayu;
10:2 maka Aku akan menuliskan pada loh itu firman-firman yang ada pada loh yang mula-mula yang telah kaupecahkan itu, kemudian letakkanlah kedua loh ke dalam tabut itu.
10:3 Maka aku membuat sebuah tabut dari kayu penaga dan memahat dua loh batu yang serupa dengan yang mula-mula; kemudian aku mendaki gunung dengan kedua loh itu di tanganku.
10:4 Dan pada loh itu Ia menuliskan, sama dengan tulisan yang mula-mula, Kesepuluh Firman yang telah diucapkan TUHAN kepadamu di atas gunung dari tengah-tengah api pada hari kamu berkumpul; sesudah itu TUHAN memberikannya kepadaku.
10:5 Lalu aku turun kembali dari atas gunung, dan aku meletakkan loh-loh itu ke dalam tabut yang telah kubuat; dan di situlah tempatnya, seperti yang diperintahkan TUHAN kepadaku.

E.Kitab Ulangan 11

11:19 Kamu harus mengajarkannya kepada anak-anakmu dengan membicarakannya, apabila engkau duduk di rumahmu dan apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun;
11:20 engkau harus menuliskannya pada tiang pintu rumahmu dan pada pintu gerbangmu,

Lalu apa korelasi pengingatan pengingatan dalam ayat Alkitab tersebut diatas dengan judul tulisan ini?

Ketika TUHAN memanggil Musa naik ke atas gunung sinai dan tinggal disana 40 hari 40 malam,disanalah banyak Rahasia TUHAN yang disampaikanNya secara langsung kepada manusia lewat Musa.Disanalah TUHAN menyampaikan proses pekerjaan BAPA saat melakukan penciptakan Alam semesta dan langit bumi.Jadi intinya BAPA itu telah melakukan pekerjaan penciptakan Alam semesta - menciptakan langit dan bumi dan segala isinya.

Dari sedikit uraian Ayat Alkitab diatas, tergambarkan 2 kali perbuatan pekerjaan besar yang menonjol untuk diingat didalam hidup manusia, yang sering kita abaikan ketika YESUS mencoba mengingatkan kita dizaman tahun masehi.

Jadi ketika umat Kristen sering tidak mengingat sejarah pekerjaan dan perbuatan perbuatan BAPA dalam penciptaan langit dan bumi dan banyak pekerjaan lainnya termasuk saat membelah laut untuk menjadi jalan penyeberangan bagi bangsa Israel menuju tanah perjanjian, maka umat kristen pun akhirnya sering tidak mengerti apa yang kemudian disampaikan oleh YESUS dalam pesan pesan implisit yang diungkapkan-Nya kemudian, sebagaimana kita petik dalam kalimat yang berbunyi : "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga." dan juga pesan yang berbunyi"sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak.".

Apakah pengertian petikan kalimat yang disampaikan oleh TUHAN YESUS tersebut diatas artinya "Bapa dan Anak" bersamaan berdua-duaan mengerjakan penciptaan langit dan bumi dan alam semesta?.Sebab secara kalimat, pesan yang disampaikan YESUS itu sering disalah mengerti banyak orang termasuk umat kristen sendiri karena mengusung teory-teory ketuhanan dari perspektif manusia, dengan mengatakan bahwa Bapa memiliki Roh dan Yesus adalah Firman Bapa.!Sehingga dengan dasar teory-teory ketuhanan buatan manusia yang sedemikian itu, sering tergambarkan kalau YESUS itu ada didalam Bapa sebagai Firman-Nya saat proses penciptaan.

Tetapi untuk mempersingkat penguraian pendalaman pesan ayat Alkitab ini, saya akan menjelaskan, bahwa apa yang diucapkan TUHAN YESUS dalam pesan tersebut sama sekali tidak sedang mengatakan kalau TUHAN YESUS dan BAPA sedang berdua-duaan menciptakan langit dan bumi dan juga berdua-duaan saat membelah laut ketika bangsa Israel keluar dari tanah mesir.Sama sekali YESUS tidak mengatakan kalau YESUS dan BAPA berdua-duaan menciptakan langit dan bumi atau berdua-duaan saat bekerja.YESUS dengan tegas berkata didalam ayat Alkitab lewat Firman-Nya dan juga lewat kesaksian Malaikat-Nya:

Kitab Lukas

2:10 Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa:
2:11 Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, TUHAN, di kota Daud.

Kitab Yesaya 44

44:24 Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, yang membentuk engkau sejak dari kandungan; "Akulah TUHAN, yang menjadikan segala sesuatu, yang seorang diri membentangkan langit, yang menghamparkan bumi--siapakah yang mendampingi Aku? --

Kitab Yesaya 52

52:6 Sebab itu umat-Ku akan mengenal nama-Ku--YESUS-- dan pada waktu itu mereka akan mengerti bahwa Akulah Dia yang berbicara, ya Aku!

Catatan Penting: Perhatikan pesan ayat Kitab Yesaya 52 ini.Kita sering terdoktrin dalam pengajaran gereja karena memang banyak yang tidak mengerti mengenai maksud TUHAN dalam setiap ucapan-Nya yang berbunyi"Nama-Ku".Kita sudah sering mendengar khotbah, bahwa dizaman Musa, dikatakan kalau TUHAN sudah menyatakan nama diri pribadi-Nya dengan nama"YHVH atau Yahwe.Tetapi dalam fakta ayat ini dizaman Nabi Yesaya, TUHAN sendiri yang membuktikan kepada kita, bahwa sesungguhnya TUHAN tidak pernah menyatakan nama Diri Pribadi-Nya kepada Musa atau kepada semua manusia.Sebab jika seandainya TUHAN sudah pernah menyatakan nama diri Pribadinya kepada Musa dengan nama "Yahwe" atau YHVH, maka tentu saja TUHAN tidak akan perlu lagi berkata kepada nabi Yesaya dengan kaliamt"
Sebab itu umat-Ku akan mengenal nama-Ku--YESUS"

Kitab Yohanes 10

10:30 AKU dan BAPA adalah SATU."

Perhatikan :YESUS tidak berkata" AKU dan BAPA MENYATU.YESUS juga tidak berkata "AKU dan BAPA SATU KESATUAN"Tetapi dengan tegas YESUS berkata :"AKU dan BAPA adalah SATU" = Artinya YESUS adalam Bapa itu sendiri, Oknum yang sama, yaitu SANG ROH KEKAL yang QUDUS!

Kitab Yohanes 4

4:24 Allah itu .,..ROH....

Makanya YESUS berkata :

Kitab Yohanes 14

14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah JALAN DAN KEBENARAN DAN HIDUP(ROH)

*Akulah JALAN…*Akulah KEBENARAN…*Akulah HIDUP (ROH).Makanya dari sejak semula, satu Pribadi, yaitu SANG ROH yang kudus itulah yang telah melakukan penciptaan segala sesuatu sebagaimana kita lihat keadaan alam semesta dan semua isinya saat ini.

Kitab Kejadian 1

1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan...ROH...Allah melayang-layang di atas permukaan air.

Perhatikan : Dalam Ayat ini terdapat kata “ALLAH” sesudah kata "ROH"....tujuannya adalah untuk membedakan SANG ROH UTAMA ( TUHAN=BAPA SEGALA ROH) dengan kepingan bagian Roh diriNya yang sudah diberikan kepada makhluk untuk menjadi makhluk hidup.

Tuhan YESUS pencipta alam semesta dan yang pernah membelah laut mati memberkati kita semua!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Post Bottom Ad