Sepuluh Hukum Taurat Jelas Masih Berlaku! - Yesus Allah Sejati

Yesus Allah Sejati

Yesus Allah Pencipta Langit Bumi

Artikel Terbaru

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 24 November 2017

Sepuluh Hukum Taurat Jelas Masih Berlaku!


Sepuluh Hukum Taurat Jelas Masih Berlaku!
Sering saya menemukan jawaban umat Kristiani yang tidak berdasarkan ayat Alkitab, ketika mendapatkan pertanyaan diforum-forum diskusi tentang apakah perintah Hukum taurat masih berlaku dalam kehidupan umat Kristen saat ini.Bahkan jawaban seorang pendeta sekalipun sering gagal dimunculkan dengan dasar Alkitab yang logis dan sistemati.Karena itulah saya mencoba menuliskan ini sebagai bahan refferensi pembangunan dasar iman tentang korelasi perintah hukum taurat saat ini didalam kehidupan umat Kristen.Dan dibawah ini saya tulsikan juga contoh-contoh pendapat umat kristen mengenai masih berlaku tidaknya sepuluh perintah hukum taurat didalam kekristenan.

1.-Ada umat Kristiani yang menjawab pertanyaan diatas dengan jawaban"Tidak berlaku lagi" dengan alasan karena sudah digantikan dengan hukum kasih yang ditandai saat kematian Jasmani YESUS di Kayu salib.

2.-Ada umat Kristiani yang menjawab pertanyaan diatas dengan jawaban" Masih berlaku" tetapi dengan tidak berlandaskan ayat Alkitab.

Jawaban dari umat Kristiani pada nomor satu sering sekali saya temukan karena didasarkan pada"pemikirannya" sendiri yang mungkin tidak memahami apa sebenarnya yang dimaksudkan Rasul Paulus dalam suratnya dibawah ini.

 Surat Roma 4

4:14 Sebab jika mereka yang mengharapkannya dari hukum Taurat, menerima bagian yang dijanjikan Allah, maka sia-sialah iman dan batallah janji itu.

 Surat Galatia 2

2:16 ......tidak seorang pun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat,...

Demikianlah sekelumit kondisi yang membuat saya merasa miris melihat umat Kristiani yang akar Imannya tidak tumbuh dari pemahaman ayat ayat Alkitab dengan benar.

Dalam tulisan ini saya akan mencoba memberikan penjelasan sesingkat mungkin untuk menjawab pertanyaan diatas....dengan terlebih dahulu menjabarkan maksud dari Rasul Paulus dalam suratnya tersebut.(Roma-Galatia)

 Banyak Umat Kristiani yang tidak menyadari, bahwa perintah Hukum Taurat yang tertulis yang diterima oleh Musa, bukanlah Janji pertama dan yang paling utama yang pernah disampaikan oleh TUHAN kepada manusia tentang topik "Anugerah Keselamatan Kekal".Kita akan buktikan Kronologis Alkitabiah-nya,bahwa "JANJI ANUGERAH KESELAMATAN DAN HIDUP KEKAL berdasarkan "Iman"justru menjadi hal yang pertama dan yang paling utama yang pernah disampaikan oleh TUHAN sendiri kepada manusia.

 Kronologis timbulnya "Janji Anugerah Keselamatan Hidup Kekal berdasarkan Iman"

 Kitab Kejadian 2

2:17 ....,sebab pada hari engkau memakannya, Pastilah Engkau Mati.!

 TUHAN sudah meneguhkan sebuah"JANJI ANUGERAH HIDUP KEKAL"bagi manusia setelah manusia itu terancam binasa kekal didalam neraka,jauh sebelum adanya perintah Hukum Taurat tertulis yang disampaikan oleh TUHAN kepada Musa.

A.Kitab Kejadian 3

3:15 .....Keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

"keturunannya akan Meremukkan kepalamu= Mengalahkan Kuasa Maut".

 B.Kitab Kejadian 22

22:18 Oleh Keturunanmu-mulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat,

Demikianlah sekelumit data sebagai dasar Alkitabiah munculnya"Janji Keselamatan Hidup Kekal"berdasarkan IMAN sebagaimana yang dimaksudkan oleh Rasul Paulus dalam penjelasan suratnya diatas.

Lalu apakah surat yang dituliskan oleh Rasul Paulus didalam Roma 4:14 dan Galatia 2:16 diatas BERTENTANGAN dengan apa yang diucapkan oleh YESUS  dalam Kitab Matius dibawah ini?.Jawabnya, sama sekali tidak bertentangan 100 %.

 Kitab Matius 5

5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.

 Maksud Rasul Paulus didalam Surat Roma 4:14 dan Galatia 2:16 diatas adalah:

*Bahwa"Janji Anugerah KJeselamatan dan hidup kekal"yang bisa diperoleh manusia berdasarkan iman...justru menjadi hal yang pertama dan yang paling utama yang pernah disampaikan oleh TUHAN kepada manusia.Dan TUHAN akan memberikan anugerah itu secara cuma cuma kepada semua manusia berlandaskan iman.

*Justru perintah Hukum Taurat adalah janji yang terkemudian diberikan oleh karena kebebalan manusia sendiri yang tidak mempunya iman kepada Janji kekal keselamatan dari TUHAN.!!

 Perintah hukum Taurat adalah perintah yang menuntut perbuatan sempurna 100 % dari pihak manusia untuk menjalankan keseluruhan perintah Hukum Taurat yang tertulis tersebut.Tidak boleh melenceng sedikitpun dan tidak boleh mengabaikan satu perintah pun(harus tepat).Salah sedikit saat menjalankan perintah hukum Taurat ,maka akibatnya adalah pelanggaran dan berakibat dosa kepada TUHAN sang pemberi perintah.!.Apakah manusia dapat melakukan perintah Hukum Taurat Tepat 100 % tanpa cela sebagaimana dituntut oleh TUHAN?.....(Silahkan jawab sendiri).Kita percaya dan memang adalah benar adanya ....bahwa seseorang tetap akan dibenarkan TUHAN dan akan mendapatkan keselamatan dan hidup kekal,..jikalau manusia tersebut memang mampu dengan kekuatannya sendiri untuk melakukan perintah hukum Taurat tepat 100 % berdasar standart yang diinginkan TUHAN.

 Kitab Ulangan 6

6:25 Dan kita akan menjadi benar, apabila kita melakukan segenap perintah itu dengan setia di hadapan TUHAN, Allah kita, seperti yang diperintahkan-Nya kepada kita."

 Maka tentu saja orang/manusia tersebut akan DIBENARKAN oleh TUHAN, dan seseorang tersebut akan mendapatkan Keselamatan hidup kekal bagi dirinya dengan USAHA SENDIRI.!!

Dan selamat bagi anda, karena anda akan menjadi satu satunya manusia yang berhasil masuk ke dalam surga dengan kekuatan dan kemampuan sendiri.!.Pertanyaannya: "Benarkah akan ada satu orang-pun yang mampu menjalankan perintah hukum Taurat itu tepat 100 % berdasar standard TUHAN?(Jawab Sendiri).Kalau tidak ada, lalu mengapa manusia itu sebegitu angkuhnya berfikir, bahwa keselamatan kekal bagi dirinya sendiri akan dapat diraihnya dari TUHAN dengan kekuatan jasmani manusiawinya?

Bahkan ketika seorang manusia belum melakukan perintah hukum Taurat saja.....manusia tersebut justru sudah TERBUKTI berdosa.!.Mengapa...kenapa bisa demikian??

Karena manusia yang merasa berkemampuan ...adalah Manusia yang sudah menunjukkan bukti kesombongan dan keangkuhan diri dihadapan TUHAN.Bukankah keangkuhan dan kesombongan adalah dosa juga dihadapan TUHAN!!...Lha....?...Lalu?

Kalau demikian beratnya langkah awal(Tidak Boleh Merasa Mampu)dalam melakukan perintah hukum Taurat...Lalu,..kapan memulai dan dari titik mana akan dimulai melakukan perintah Hukum Taurat?...kalau seseorang itu bisa berharap dibenarkan TUHAN dalam menjalankan perintah HUKUM TAURAT?...Wong belum melakukan perintah Hukum Taurat saja ..seseorang tersebut ternyata malah sudah keburu BERDOSA duluan...?,Lalu kapan akan berhasilnya manusia itu melakukan perintah HUKUM TAURAT tepat 100 % sesuai standart TUHAN?

Jadi,justru karena tidak seorang manusia-pun yang akan mampu dan sanggup menjalankan perintah hukum Taurat tepat 100 % menurut standart TUHAN .....makanya Rasul Paulus berkata :

 Surat Galatia 2

2:16 .....tidak seorang pun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat,......

Kalau semua manusia SUDAH pasti gagal untuk menjalankan perintah Hukum Taurat sesuai standard TUHAN......lalu ??...bagaimana mungkin TUHAN akan membenarkan seseorang dan memberi keselamatan kekal kepada seseorang yang gagal melakukan perintah Hukum Taurat tersebut?.Apakah TUHAN akan berpura pura membenarkan seseorang yang gagal menjalankan perintah hukum Taurat?

Makanya Rasul Paulus mengingatkan manusia dalam suratnya tersebut tentang rentetan kegagalan kegagalan yang sudah pasti akan dialami manusia dalam melaksanakan perintah hukum taurat.Tentu saja hal itu dikatakan oleh Rasul Paulus,..berdasarkan pengalamannya sendiri sebagai seorang Ahli Taurat dan salah satu Rabbi Yahudi diluar tanah Israel.Rasul Paulus sendiri TERBUKTI selalu gagal menjalankan perintah hukum Taurat tepat 100 % sesuai standard TUHAN.....Padahal Seorang Paulus adalah seorang Rasul.!.Apalagi kalau anda cuma manusia sekelas pencundang yang hanya bermodal mulut berkata "Mampu...Mampu...Mampu....".Sedangkan kalau manusia gagal menjalankan perintah hukum taurat....ya...sudah pasti berdosa.....ya..jalan pasti menuju Neraka.!!

 Kitab Roma 7

7:15 Sebab apa yang aku perbuat, aku tidak tahu. Karena bukan apa yang aku kehendaki yang aku perbuat, tetapi apa yang aku benci, itulah yang aku perbuat.

7:19 Sebab bukan apa yang aku kehendaki, yaitu yang baik, yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki, yaitu yang jahat, yang aku perbuat.

7:21 Demikianlah aku dapati hukum ini: jika aku menghendaki berbuat apa yang baik, yang jahat itu ada padaku.

7:24 Aku, manusia celaka! Siapakah yang akan melepaskan aku dari tubuh maut ini?

TUHAN juga sudah tahu kalau manusia tidak akan pernah ada yang berhasil menjalankan perintah hukum Taurat tepat 100 % sesuai standartNya.Makanya TUHAN sudah terlebih dahulu menyediakan jalan UTAMA keselamatan kekal kepada manusia "Berdasarkan Iman kepada Janji" sebagaimana termaktub dalam ketetapan Hukum TUHAN(Kitab Kejadian 3;15).Karena kondisi didalam "Janji Anugerah Keselamatan Kekal", TUHAN sendiri-lah yang berperan aktif membayar tuntutan hukumNya sendiri, sebagaimana seyogyanya tuntutan hukum mati itu wajib dipikul oleh tiap tiap manusia.

Lalu...kalau ternyata demikian kondisi yang akan dihadapi manusia,(bahwa ternyata tidak seorang manusia-pun yang akan berhasil menjalankan perintah Hukum Taurat),...lalu mengapa Perintah Hukum Taurat itu dibuat dan diberikan oleh TUHAN kepada manusia?

Apakah TUHAN bermaksud menjebak manusia dalam kesalahan perbuatannya masing masing sehingga semua manusia yang melakukan perintah Hukum Taurat ternyata justru TERBUKTI akan gagal dan sudah pasti akan masuk Neraka?Tidak.!TUHAN tidak pernah merencanakan membuat sebuah jalan kesesaatan bagi manusia.!!

 Kitab Yeremia 29

29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

 Latar Belakang diberikan-Nya Perintah Hukum Taurat bagi manusia.

 Selama perintah tertulis bernama Hukum Taurat belum diberikan TUHAN kepada manusia melalui bangsa Israel, semua manusia dizaman-zaman sebelumnya selalu menggunakan standart sendiri untuk menilai kebenaran diri masing masing.Sehingga semua manusia pada saat itu merasa dirinya masing masing sudah berbuat benar menurut ukuran pemikiran masing masing.

 Kitab Kejadian 6

6:5 Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya SELALU membuahkan kejahatan semata-mata,

 Padahal....perbuatan manusia yang menganggap perbuatanya masing masing SUDAH BENAR dalam pandangan matanya, BELUM TENTU adalah sebuah perbuatan BENAR berdasarkan Standart Kehendak TUHAN!.Sebab Standart Kebenaran adalah diri TUHAN sendiri,bukan diri manusia!!.

 Kitab Yohanes14

14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah JALAN dan KEBENARAN dan HIDUP(ROH)

 Maka untuk menyadarkan semua manusia dari kesalahan kesalahannya, bahwa apa yang dianggap sudah benar oleh standart manusia, sama sekali belum tentu benar berdasarkan standart Hukum TUHAN.

Karena itulah TUHAN memberikan CERMIN DIRI (Perintah Hukum Taurat) kepada manusia,agar manusia sadar diri...bahwa perbuatan perbuatan mereka (yang sudah mereka anggap benar) selama ini...ternyata sama sekali tidak ada yang benar seturut kehendak TUHAN.Sehingga dengan adanya Perintah Hukum Taurat itu, maka semua manusia dapat menilai perbuatan dirinya apakah sudah benar atau belum dihadapan TUHAN dengan menggunakan cermin atau perintah hukum Taurat tersebut. Sehingga manusia juga bisa sadar, bahwa dalam melakukan perintah hukum taurat, ternyata terbukti kalau manusia tidak satu orang pun yang berhasil menjalankan perintah hukum Taurat.

Dengan Kata lain...semua manusia terbukti gagal berbuat benar dihadapan TUHAN sesuai standart kehendak TUHAN.Sehingga REALITA ini semakin membuktikan, bahwa Manusia ternyata semua jelas berdosa kepada TUHAN. Semua manusia ternyata hanya layak masuk Neraka.

Sehingga keadaan bergelimangnya dosa didalam diri manusia, bisa menyadarkan manusia, kalau ternyata manusia bisa masuk Surga., semua itu semata mata adalah karena Kasih Karunia TUHAN yang berlimpah untuk menyelamatkan manusia dari segala kegagalan kegagalannya berbuat benar sesuai dengan standart yang diinginkan TUHAN.

Kitab Roma 5

5:20 .....hukum Taurat ditambahkan, supaya pelanggaran menjadi semakin banyak (Tampak jelas); dan di mana dosa bertambah banyak (Tampak jelas), di sana kasih karunia menjadi (terbukti) berlimpah-limpah,

Makanya Rasul Paulus mengingatkan manusia :"Mengapa lagi manusia itu sampai berfikir mundur dengan menyangka, kalau untuk mendapatkan keselamatan kekal hanya dapat diraih dengan melakukan perintah hukum Taurat"??

Padahal sudah sejak 2.000 tahun yang lalu...semua umat manusia mendapatkan keselamatan hidup kekal itu secara cuma cuma dari TUHAN.Padahal....adalah KEMUSTAHILAN pula bagi manusia untuk dapat melakukan perintah hukum Taurat dengan TEPAT dan BENAR sesuai standart TUHAN.Sebab kegagalan menjalankan perintah Hukum Taurat, ya terkutuk, ya berdosa dan akhirnya binasa di neraka

 Kitab Ulangan 27

27:26 .Terkutuk-lah orang yang Tidak Menepati perkataan hukum Taurat ini dengan perbuatan.

Surat Yakobus 2

2:10 Sebab barangsiapa menuruti Seluruh Hukum itu, Tetapi mengabaikan satu BAGIAN dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya.

Jadi RASUL PAULUS justru mengingatkan manusia agar  jangan pernah menjadi manusia bodoh karena mencoba bersandar kepada kekuatan sendiri untuk mencoba mendapatkan keselamatan hidup kekal dari TUHAN.Jangan mengabaaikan janji utama dari TUHAN berdasarkan Iman (Kitab Kejadian 3:15) , yang sedari awal sudah berjanji akan mencurahkan anugera keselmatan hidup kekal sebagai satu satunya sumber keselamatan kekal bagi hidup manusia itu sendiri. Peringatan Rasul Paulus dalam suratnya tersebut, sama dengan apa yang sudah pernah diperingatkan oleh Musa juga sebelumnya kepada bangsa Israel demikian :

Kitab Ulangan 9

9:4 Janganlah engkau berkata dalam hatimu, Karena jasa-jasakulah TUHAN membawa aku masuk menduduki negeri ini (Surga); ...

9:6 Jadi ketahuilah, bahwa bukan karena jasa-jasamu TUHAN, Allahmu, memberikan kepadamu negeri yang baik itu untuk diduduki(Surga). Sesungguhnya engkau bangsa yang tegar tengkuk!"

Lalu apakah perintah hukum Taurat itu masih berlaku?--Jelas masih berlaku dan wajib dipatuhi dan dijalankan.!.Tetapi, bukanlah oleh karena berdasarkan keberhasilan perbuatan manusia melakukan perintah Hukum Taurat itu, manusia tersebut mendapatkan Anugerah Keselamatan Hidup Kekal dari TUHAN.!.Melainkan ,justru karena memang semata mata adalah Kasih Karunia TUHAN, hasil pemberian dari TUHAN sendiri.(Anugerah Karena iman--Kitab Kejadian 3:15)

Lalu...untuk apa lagi itu Perintah Hukum Taurat kalau ternyata Anugerah keselamatan kekal sudah didapatkan oleh manusia dari TUHAN?.Jelas masih berlaku dan wajib dipatuhi dan dijalankan!
Semua manusia yang sudah mendapat anugerah keselamatan kekal itu sudah ditebus.Tetapi manusia yang ditebus itu harus menunggu sampai waktu kesudahan bumi ini diputuskan.Sampai manusia yang ditebus itu mencapai jumlah yang dicukupkan oleh TUHAN.Sambil memberi juga kesempatan pertobatan kepada manusia manusia lama dan yang lahir dikemudian hari sesudah anugerah keselamatan kekal itu diberikan oleh TUHAN.

Jadi perintah Hukum Taurat(The Ten Commenment) itu wajib dijalankan sampai kepada akhir zaman, sebagai Mercu Suar hidup manusia sebelum kita siap siap menghadapi akhir dunia.!.Visa surga (Anugerah Keselamatan)  sudah diberikan, dan visa itu akan dipergunakan manusia sebagai materai diakhir zaman.

Ketika DIA sudah mencukupkan waktu bagi semua umat manusia dalam memilih jalan :

**Apakah manusia akan mengikuti TUHAN yang sudah memberi Anugerah keselamatah hidup kekal...

**Apakah manusia manusia dikemudian hari masih tetap juga akan mengikuti TIPUAN IBLIS dengan tidak percaya akan JANJI KESELAMATAN HIDUP KEKAL berdasarkan IMAN yang sudah mencurahkan oleh TUHAN?

**Apakah manusia masih ragu ragu akan Karya Keselamatan yang telah diperbuatNya 2.000 tahun yang lalu

 Barulah TUHAN akan menuntut pertanggungjawaban semua manusia sebagaimana sudah dikatakanNya dahulu kepada MUSA demikian :

 *A.Kitab Ulangan 18

 18:19.Orang yang tidak mendengarkan SEGALA FIRMAN-KU yang akan diucapkan nabi itu…demi Nama-KU…,dari padanya akan Ku-Tuntut pertanggungjawaban.

 *B.Kitab Yohanes 5

5:43 Aku datang…dalam Nama Bapa-Ku…

 *C.Kitab Yohanes 17

17:6. Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku

 Kitab Yohanes 3

3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

3:18 Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.

 TUHAN YESUS Memberkati.!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Post Bottom Ad