Yesus Bintang Timur Sejati - Yesus Allah Sejati

Yesus Allah Sejati

Yesus Allah Pencipta Langit Bumi

Artikel Terbaru

Home Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 24 November 2017

Yesus Bintang Timur Sejati

Yesus Bintang Timur Sejati


Banyak para pembaca yang bingung ketika membaca satu ayat Alkitab tentang sebuah sindiran kepada seseorang yang sangat congkak dan tinggi hati, yaitu seorang Raja bernama Nebukadnezar, yang dalam masa pemerintahannya pernah berlaku sangat tinggi hati lalu kemudian direndahkan oleh tangan TUHAN..

Kejatuhan Raja Nebukadnezar yang meninggikan diri dihadapan TUHAN itu diriwayatkan dalam Alkitab sebagai sebuah peristiwa kejatuhan "Sang Bintang" dari tempat yang tinggi ketempat yang sangat rendah.

Peristiwa kejatuhan Raja Nebukadnezar dari tahtahnya ini juga adalah sebuah peristiwa yang sama yang juga dialami oleh Malaikat pemberontak yang pernah sangat meninggikan diri dan menghujat Sang ROH kekal yang kududs, sehingga akhirnya si Malaikat pemberontak ini pun juga langsung direndahkan oleh tangan TUHAN sendiri.

Segala perbuatan manusia yang congkak, yang menjadi gambaran dari prilaku Malaikat pemberontak yang dijatuhkan TUHAN, maka kepada manusia itu sering disematkan sindiran-sindiran dengan merujuk kepada kejatuhan sosok malaikat pemberontak yang dijatuhkan oleh TUHAN.

Dalam Kitab Wahyu dituliskan demikian :

Kitab Wahyu 22

22:16 “Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang.”

Lalu ada orang yang mencoba mempersamakan"BINTANG TIMUR" sebagai sebutan bagi YESUS didalam Kitab Wahyu, dengan sosok "bintang timur" dalam konteks EJEKAN/sindiran kepada Raja Nebukadnezar yang kemudian diperlambangkan sebagai peniru sikap LUCIFER.

KJV-Isaiah 14

14:12 How art thou fallen from heaven, O Lucifer, son of the morning! how art thou cut down to the ground, which didst weaken the nations!

Kitab Yesaya 14

14:12 “Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa!

Kesimpulannya :

Bintang Timur Sejati adalah YESUS ( Kitab Wahyu 22 : 16 )

Sedangkan Kitab Yesaya berbicara Tentang ejekan gelar bintang timur bagi seorang Nebukadnezar yang meninggikan dirinya seolah olah sama dengan Yang Maha Tinggi yang disembah Bangsa Israel. Kecongkakan Raja Nebukadzear yang menggambarkan sikap congkak malaikat pemberontak yang hendak menyamai Allah yang maha tinggi sehingga si Malaikat tersebut dijatuhkan dari tempat maha tinggi.

Perikop Kitab Yesaya “ Ejekan Tentang Raja Babel “

Maksudnya tentang "Bintang Timur Yang Jatuh" dalam Kitab Yesaya ini adalah sebuah nubuatan tentang ejekan bagi seorang raja di negeri Babel yang bernama Nebukadnezar yang sangat tinggi hatiI/sombong karena mampu mengalahkan Kerajaan Israel.

Sebab kerajaan Israel dikenal diseluruh bumi sebagai Kerajaan yang besar dan masyur dan memiliki Tuhan yang Maha Kuasa yang perbuatanNya dalam kehidupan bangsa Israel sudah banyak didengar kerajaan kerajaan lain disekitar Israel.(Kitab 2 Tawarikh 20 : 1 - 24)

Nebukadnezar dinubuatkan Nabi Yesaya sebagai Raja babel yang sangat meninggikan diri karena seolah-olah Tuhan yang disembah bangsa Israel tidak mampu menghalanginya saat menyerbu kerajaan Yehuda di Yerusalem.Padahal sejak zaman Raja Daud sampai Salomo,kerajaan Yehuda ini adalah kerajaan yang sangat kuat karena perlindungan Tuhan.

Keberhasilannya menyerbu Yerusalem dan mengangkut semua perkakas dari Bait Allah Israel membuatnya merasa diri sangat kuat dan hendak menyamakan dirinya dengan yang Maha Kuasa yaitu Tuhan yang disembah Bangsa Israel.

Tuhan yang disembah bangsa Israel yang terdengar keseluruh penjuru bumi sebagai Tuhan yang maha kuasa dianggapnya seolah olah tidak mampu menghalangi langkahnya menguasai Yerusalem.( Baca Kitab Daniel 4 : 1 – 37 ).

Tetapi kesombongannya dan keangkuahnnya sebagai Raja Superpower saat itu akhirnya segera dihentikan Tuhan.Melalui mimpinya sendiri,Tuhan menyampaikan kepadanya akan segala hukuman yang akan diterima Raja Nebukadnezar yang memposisikan dirinya sebagai yang maha tinggi.Tuhan akan menjatuhkannya dari tahta yang dibanggakan Raja Nebukadnezar.

A.Kitab Daniel 2 

2:1. Pada tahun yang kedua pemerintahan Nebukadnezar bermimpilah Nebukadnezar; karena itu hatinya gelisah dan ia tidak dapat tidur.
2:2 Lalu raja menyuruh memanggil orang-orang berilmu, ahli jampi, ahli sihir dan para Kasdim, untuk menerangkan kepadanya tentang mimpinya itu; maka datanglah mereka dan berdiri di hadapan raja.
2:3 Kata raja kepada mereka: "Aku bermimpi, dan hatiku gelisah, karena ingin mengetahui mimpi itu."
2:4 Lalu berkatalah para Kasdim itu kepada raja (dalam bahasa Aram): "Ya raja, kekallah hidupmu! Ceriterakanlah kepada hamba-hambamu mimpi itu, maka kami akan memberitahukan maknanya."
2:10 Para Kasdim itu menjawab raja: "Tidak ada seorangpun di muka bumi yang dapat memberitahukan apa yang diminta tuanku raja! Dan tidak pernah seorang raja, bagaimanapun agungnya dan besar kuasanya, telah meminta hal sedemikian dari seorang berilmu atau seorang ahli jampi atau seorang Kasdim.
2:11 Apa yang diminta tuanku raja adalah terlalu berat, dan tidak ada seorangpun yang dapat memberitahukannya kepada tuanku raja, selain dari dewa-dewa yang tidak berdiam di antara manusia."
2:12 Maka raja menjadi sangat geram dan murka karena hal itu, lalu dititahkannyalah untuk melenyapkan semua orang bijaksana di Babel.
2:13 Ketika titah dikeluarkan supaya orang-orang bijaksana dibunuh, maka Daniel dan teman-temannyapun terancam akan dibunuh.

B.Kitab Daniel 4 

4:9 Hai Beltsazar, kepala orang-orang berilmu! Aku tahu, bahwa engkau penuh dengan roh para dewa yang kudus, dan bahwa tidak ada rahasia yang sukar bagimu! Sebab itu inilah riwayat penglihatan mimpi yang kudapat, maka ceritakanlah kepadaku maknanya.
4:10 Adapun penglihatan yang kudapat di tempat tidurku itu, demikian: di tengah-tengah bumi ada sebatang pohon yang sangat tinggi;
4:11 pohon itu bertambah besar dan kuat, tingginya sampai ke langit, dan dapat dilihat sampai ke ujung seluruh bumi.
4:12 Daun-daunnya indah, buahnya berlimpah-limpah, padanya ada makanan bagi semua yang hidup; di bawahnya binatang-binatang di padang mencari tempat bernaung dan di dahan-dahannya bersarang burung-burung di udara, dan segala makhluk mendapat makanan dari padanya.
4:13 Kemudian dalam penglihatan yang kudapat di tempat tidurku itu tampak seorang penjaga, seorang kudus, turun dari langit;
4:14 ia berseru dengan nyaring, demikian katanya: Tebanglah pohon itu dan potonglah dahan-dahannya, gugurkanlah daun-daunnya dan hamburkanlah buah-buahnya! Biarlah binatang-binatang lari dari bawahnya dan burung-burung dari dahan-dahannya!

C.Kitab Daniel 4

4:24 inilah maknanya, ya raja, dan inilah putusan Yang Mahatinggi mengenai tuanku raja:
4:25 tuanku akan dihalau dari antara manusia dan tempat tinggal tuanku akan ada di antara binatang-binatang di padang; kepada tuanku akan diberikan makanan rumput, seperti kepada lembu, dan tuanku akan dibasahi dengan embun dari langit; dan demikianlah akan berlaku atas tuanku sampai tujuh masa berlalu, hingga tuanku mengakui, bahwa Yang Mahatinggi berkuasa atas kerajaan manusia dan memberikannya kepada siapa yang dikehendaki-Nya.

Jadi bintang timur yang jatuh dalam catatan Kitab Yesaya maksudnya adalah berbicara tentang ejekan bagi Raja Nebukadnezar yang dijatuhkan dari singgasana oleh Tuhan karena sangat menyombongkan diri dan berlaku seolah -olah dirinya adalah sebagai sosok "Yang Maha tinggi"!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Post Bottom Ad