Persepuluhan Adalah Pusaka Dari Tuhan - Yesus Allah Sejati

Yesus Allah Sejati

Yesus Allah Pencipta Langit Bumi

Artikel Terbaru

Home Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 09 Juni 2018

Persepuluhan Adalah Pusaka Dari Tuhan

Perdebatan tentang topik persepuluhan namun tidak memahami maksud ayat Alkitab telah terbukti menciptakan debat kusir diantara dua pihak yang sering tergolong sebagai penentang perpuluhan dan pendukung perpuluhan. Ada pihak yang mencoba memposisikan diri paling benar dan paling mengerti soal perpuluhan yang dimaksudkan Alkitab, tapi di satu sisi, makna kata’Israel’ saja dari antara dua golongan ini sama sekali tidak difahami menurut maksud ayat Alkitab.

Ada yang aneh lagi, sebahagian orang yang mengaku mengerti maksud Alkitab soal perpuluhan ini tetapi bukan kristen namun merupakan penganut ajaran Yudaisme. Sehingga dalam standart pemikirannya yang aneh tersebut, kelompok ini mencoba berbicara soal perpuluhan dalam Alkitab namun rujukannya malah memakai stadart ajaran Yudaisme. Kelompok ini mencoba mengarahkan Alkitab Kristen dalam hal perpuluhan untuk merujuk kepada syarat perpuluhan hasil modifikasi yang terdapat didalam ajaran Yudaisme. Sehingga perbuatan ini sama dengan perbuatan yang mencoba melakukan justifikasi soal ketuhanan Yesus namun memakai Kitab lain sebagai rujukannya.

Penganut ajaran Yudaisme percaya tanpa ragu, bahwa Yahudi dan ajaran Yudaisme adalah wajib benar karena menurut penganut itu pihak Yahudilah yang menerima Alkitab. Atau orang seperti ini sudah berprinsip bahwa Yahudi dan Yudaisme pasti benar soal perpuluhan karena Firman Tuhan diturunkan kepada Israel yang mendefenisikan pula bahwa Israel maknanya adalah wajib bangsa Yahudi. Sehingga segala sesuatu dalam Alkitab yang berbau Yahudi dianggap paling benar dalam segala hal terutama soal pengertian-pengertian Firman Tuhan dalam Alkitab.

Kerancuan berfikir dan kerancuan membuat standart hukum perpuluhan dari dua kelompok yang sudah saya singgung diatas justu terbukti sama-sama tidak mengerti maksud ayat Alkitab. Sekalipun kedua belah pihak ini mencoba melakukan justifikasi kebenaran penafsirannya dengan mencoba mengutip-ayat-ayat Alkitab sebagai dalil pendukung argumentasinya.

Perpuluhan yang menjadi hukum kekal dalam Alkitab Israel adalah merupakan Janji Pusaka yang disediakan Tuhan bagi manusia. Ini yang perlu disadari oleh semua manusia. Perpuluhan bukanlah suatu pajak yang dibebankan Tuhan kepada manusia. Maka untuk menyadari hal demikian, setiap orang harus mengerti dasar penyebab adanya hukum perpuluhan didalam Alkitab Israel. Harus mengerti pula, sebab apa perpuluhan itu adalah milik pusaka yang berasal dari janji Tuhan.

I. Dasar Hukum Milik Pusaka Yang Dijanjikan Tuhan kepada Abraham. Perhatikan dan pelajari makna frasa ucapan Tuhan dalam bunyi ucapan: ’Aku Akan Memberikan’, dan ‘Akan Kuberikan’. Makna Frasa dalam petikan’Aku Akan Memberikan’, dan ‘Akan Kuberikan’ itu adalah bentuk deklarasi tanggungjawab Tuhan untuk menyediakan milik pusakanya.
Kitab Kejadian 12
12:1. Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu;
12:6. Abram berjalan melalui negeri itu sampai ke suatu tempat dekat Sikhem, yakni pohon tarbantin di More. Waktu itu orang Kanaan diam di negeri itu.
12:7 Ketika itu TUHAN menampakkan diri kepada Abram dan berfirman: "Aku AKAN MEMBERIKAN negeri ini kepada keturunanmu."

Kitab Kejadian 13
13:14. Setelah Lot berpisah dari pada Abram, berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pandanglah sekelilingmu dan lihatlah dari tempat engkau berdiri itu ke timur dan barat, utara dan selatan,
13:15 sebab seluruh negeri yang kaulihat itu ‘AKAN KUBERIKAN’ kepadamu dan kepada keturunanmu untuk selama-lamanya.
13:17 Bersiaplah, jalanilah negeri itu menurut panjang dan lebarnya, sebab kepadamulah AKAN KUBERIKAN negeri itu."

Kitab Kejadian 15
15:1. Kemudian datanglah firman TUHAN kepada Abram dalam suatu penglihatan: "Janganlah takut, Abram, Akulah perisaimu; upahmu akan sangat besar."
15:7. Lagi firman TUHAN kepadanya: "Akulah TUHAN, yang membawa engkau keluar dari Ur-Kasdim Untuk MEMBERIKAN negeri ini kepadamu menjadi milikmu."
15:18 Pada hari itulah TUHAN mengadakan perjanjian dengan Abram serta berfirman: "Kepada keturunanmulah Ku-BERIKAN negeri ini, mulai dari sungai Mesir sampai ke sungai yang besar itu, sungai Efrat:

Kitab Keluaran 6
6:6 Sebab itu katakanlah kepada orang Israel: Akulah TUHAN, Aku akan membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir, melepaskan kamu dari perbudakan mereka dan menebus kamu dengan tangan yang teracung dan dengan hukuman-hukuman yang berat.
6:7 Aku akan mengangkat kamu menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allahmu, supaya kamu mengetahui, bahwa Akulah, TUHAN, Allahmu, yang membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir.
6:8 Dan Aku akan membawa kamu ke negeri Yang Dengan Sumpah telah Kujanjikan MEMBERIKANnya kepada Abraham, Ishak dan Yakub, dan Aku AKAN MEMBERIKANnya kepadamu untuk menjadi milikmu; Akulah TUHAN."
6:10 Maka apabila TUHAN, Allahmu, telah membawa engkau masuk ke negeri yang dijanjikan-Nya DENGAN SUMPAH kepada nenek moyangmu, yakni Abraham, Ishak dan Yakub, UNTUK MEMBERIKAN-nya kepadamu--kota-kota yang besar dan baik, yang tidak kaudirikan;

Kitab Ulangan 7
7:6 Sebab engkaulah umat yang kudus bagi TUHAN, Allahmu; engkaulah yang dipilih oleh TUHAN, Allahmu, dari segala bangsa di atas muka bumi untuk menjadi umat kesayangan-Nya.
7:7 Bukan karena lebih banyak jumlahmu dari bangsa manapun juga, maka hati TUHAN terpikat olehmu dan memilih kamu--bukankah kamu ini yang paling kecil dari segala bangsa? --
7:8 tetapi karena TUHAN mengasihi kamu dan MEMEGANG SUMPAH-Nya yang telah diikrarkan-Nya kepada nenek moyangmu,

Kitab Ulangan 8
8:17 Maka janganlah kaukatakan dalam hatimu: Kekuasaanku dan kekuatan tangankulah yang membuat aku memperoleh kekayaan ini.
8:18 Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah YANG MEMBERIKAN kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya DENGAN SUMPAH kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.

Kitab Ulangan 9
9:4 Janganlah engkau berkata dalam hatimu, apabila TUHAN, Allahmu, telah mengusir mereka dari hadapanmu: Karena jasa-jasakulah TUHAN membawa aku masuk menduduki negeri ini; padahal karena kefasikan bangsa-bangsa itulah TUHAN menghalau mereka dari hadapanmu.
9:5 Bukan karena jasa-jasamu atau karena kebenaran hatimu engkau masuk menduduki negeri mereka, tetapi karena kefasikan bangsa-bangsa itulah, TUHAN, Allahmu, menghalau mereka dari hadapanmu, dan supaya TUHAN menepati janji yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, yakni Abraham, Ishak dan Yakub.
9:6 Jadi ketahuilah, bahwa bukan karena jasa-jasamu TUHAN, Allahmu, MEMBERIKAN kepadamu negeri yang baik itu untuk diduduki. Sesungguhnya engkau bangsa yang tegar tengkuk!"
II. Pemecahan Milik Pusaka. Yang semua milik pusaka itu adalah hasil pemberian Tuhan sebagai bukti tanggungjawab Tuhan status Janji-Nya yang akan memberikan milik pusaka kepada Keturunan Abraham.

(Note: Perintah Ini disampaikan kepada orang yang terpilih DARI ANTARA ORANG ISRAEL sebagai penyalur berkat Persepuluhan yang berasal dari TUHAN sendiri, maka Musa berkata demikian : ‘APABILA atau Bila Suatu Waktu Atau Bila dalam waktu tertentu, Dalam Hal engkau 'Diberkati Tuhan'.
Kitab Bilangan 18
18:20. TUHAN berfirman kepada Harun: "Di negeri mereka engkau tidak akan mendapat MILIK PUSAKA dan tidak akan beroleh bagian di tengah-tengah mereka; Akulah bagianmu dan MILIK PUSAKAmu di tengah-tengah orang Israel.
18:21 Mengenai bani Lewi, sesungguhnya AKU BERIKAN kepada mereka segala persembahan persepuluhan DI ANTARA ORANG ISRAEL SEBAGAI MILIK PUSAKA-nya, UNTUK MEMBALAS pekerjaan yang dilakukan mereka, pekerjaan pada Kemah Pertemuan.

18:24 sebab persembahan persepuluhan yang dipersembahkan orang Israel kepada TUHAN sebagai persembahan khusus KU-BERIKAN kepada orang Lewi sebagai MILIK PUSAKAnya; itulah sebabnya Aku telah berfirman tentang mereka: Mereka tidak akan mendapat MILIK PUSAKA di tengah-tengah orang Israel."
18:26 "Lagi haruslah engkau berbicara kepada orang Lewi dan berkata kepada mereka: Apabila kamu menerima DARI PIHAK ORANG ISRAEL (Bukan Setiap Orang Israel) persembahan persepuluhan yang KU-BERIKAN kepadamu dari pihak mereka sebagai MILIK PUSAKAMU, maka haruslah kamu mempersembahkan sebagian dari padanya sebagai persembahan khusus kepada TUHAN, yakni persembahan persepuluhanmu dari persembahan persepuluhan itu,
18:31 kamu boleh memakannya di setiap tempat, kamu dan seisi rumahmu, SEBAB UPAHmu-lah itu, Untuk Membalas Pekerjaanmu di Kemah Pertemuan.
Tuhan berfirman sejak awal tentang Janji-Nya memberikan milik pusaka bagi keturunan Abraham. Tuhan yang berjanji, maka Tuhan pula yang bertanggungjawab menggenapi janji-Nya. Kepada Harun dan Lewi, Tuhan mengganti milik pusaka miliknya menjadi diri Tuhan sendiri yang menjadi sumber segala berkat dan pemberian apapun kepada semua keturunan Abraham.

Tuhan menjanjikan penggantian milik pusaka bagi Harun dan Lewi berupa 'Senilai Sepersepuluh' yang berasal dari berkat Tuhan sendiri kepada beberapa orang 'Dari Antara orang Israel. Beberapa orang tertentu dipilih Tuhan untuk menjadi saluran berkat-Nya kepada Harun dan Lewi. Agar yang terpilih sebagai saluran berkat itu, nantinya harus mengantarkan sepersepuluh dari berkat melimpah yang diterimanya dari Tuhan.

Jadi bukan setiap orang Israel, atau bukan setiap jiwa yang dibebani Tuhan untuk menghantarkan nilai sepersepuluh kepada harun Lewi dari berkat melimpah yang diterima orang-orang yang terpilih sebagai saluran berkata Tuhan dalam kehidupannya ditanah perjanjian. Melainkan TUHAN sendiri yang menyediakan persepuluhan sebagai milik pusaka bagi Harun dan Lewi lewat berkat melimpah yang ditrurunkan-Nya kepada beberapa orang yang dipilihnya untuk menjadi pengantar sepersepuluh.

Tuhan yang berjanji memberikan milik pusaka bagi 11 suku kaum Israel berupa tanah perjanjian, maka Tuhan pula yang berjanji memberikan milik pusaka bagi Harun dan Lewi berupa nilai sepersepuluh dari berkat-Nya kepada beberapa orang Israel yang terpilih sebagai perantara/saluran berkat.

Tuhan yang menjanjikan, maka Tuhan pula yang menggenapi janji-Nya. TUHAN yang menggenapi memberikan pusaka tanah perjanjian bagi 11 suku kaum Israel, maka Tuhan pula yang menggenapi janji-Nya menyediakan milik pusaka senilai sepersepuluh bagi Harun dan Lewi.
Kitab Ulangan 10
10:8 Pada waktu itu TUHAN menunjuk suku Lewi untuk mengangkut tabut perjanjian TUHAN, untuk bertugas melayani TUHAN dan untuk memberi berkat demi nama-Nya, sampai sekarang.
10:9 Sebab itu suku Lewi Tidak Mempunyai Bagian Milik Pusaka bersama-sama dengan saudara-saudaranya; Tuhanlah milik pusakanya, seperti yang difirmankan kepadanya oleh TUHAN, Allahmu.

Kitab Ulangan 18
18:1. "Imam-imam orang Lewi, seluruh suku Lewi, janganlah mendapat bagian milik pusaka BERSAMA-SAMA orang Israel; dari korban api-apian kepada TUHAN dan apa yang menjadi milik-Nya harus mereka mendapat rezeki.
18:2 Janganlah ia mempunyai MILIK PUSAKA di tengah-tengah saudara-saudaranya; TUHANLAH MILIK PUSAKA-nya seperti yang DIJANJIKAN-Nya kepadanya.
18:3 Inilah HAK imam terhadap kaum awam, terhadap mereka yang mempersembahkan korban sembelihan, baik lembu maupun domba: kepada imam haruslah diberikan paha depan, kedua rahang dan perut besar.
18:4 Hasil pertama dari gandummu, dari anggurmu dan minyakmu, dan bulu guntingan pertama dari dombamu haruslah kauberikan kepadanya.
18:5 Sebab dialah yang dipilih oleh TUHAN, Allahmu, dari segala sukumu, supaya ia senantiasa MELAYANI TUHAN dan menyelenggarakan kebaktian demi nama-Nya, ia dan anak-anaknya.
18:6 Apabila seorang Lewi datang dari tempat manapun di Israel, di mana ia tinggal sebagai pendatang, dan dengan sepenuh hati masuk ke tempat yang akan dipilih TUHAN,
18:7 DAN MENYELENGGARAKAN KEBAKTIAN demi nama TUHAN, Allahnya, sama seperti semua saudaranya, orang-orang Lewi, yang melayani TUHAN di sana,
18:8 MAKA HARUSLAH MEREKA MENDAPAT REZEKI yang sama, dengan tidak terhitung apa yang ia peroleh dengan menjual harta nenek moyangnya."

Kitab Ulangan 14
14:22. "Haruslah engkau benar-benar mempersembahkan sepersepuluh dari seluruh hasil benih yang tumbuh di ladangmu, tahun demi tahun.
14:23 Di hadapan TUHAN, Allahmu, di tempat yang akan dipilih-Nya untuk membuat nama-Nya diam di sana, haruslah engkau memakan persembahan persepuluhan dari gandummu, dari anggurmu dan minyakmu, ATAUPUN dari anak-anak sulung lembu sapimu dan kambing dombamu, supaya engkau belajar untuk selalu takut akan TUHAN, Allahmu.
14:24 APABILA, Dalam Hal engkau DIBERKATI TUHAN, Allahmu, jalan itu terlalu jauh bagimu, sehingga engkau tidak dapat mengangkutnya, karena tempat yang akan dipilih TUHAN untuk menegakkan nama-Nya di sana terlalu jauh dari tempatmu,
14:25 maka haruslah engkau meng-uangkannya dan membawa uang itu dalam bungkusan dan pergi ke tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu,
14:27 Juga orang Lewi yang diam di dalam tempatmu janganlah kauabaikan, sebab ia tidak mendapat BAGIAN MILIK PUSAKA bersama-sama engkau.
14:28 Pada akhir tiga tahun engkau harus mengeluarkan segala persembahan persepuluhan dari hasil tanahmu dalam tahun itu dan menaruhnya di dalam kotamu;
14:29 maka orang Lewi, karena ia tidak mendapat BAGIAN MILIK PUSAKA bersama-sama engkau, dan orang asing, anak yatim dan janda yang di dalam tempatmu, akan datang makan dan menjadi kenyang, supaya TUHAN, Allahmu, memberkati engkau di dalam segala usaha yang dikerjakan tanganmu."

Kitab Ulangan 26
26:12. "APABILA dalam tahun yang ketiga, tahun persembahan persepuluhan, engkau sudah selesai mengambil segala persembahan persepuluhan dari hasil tanahmu, maka haruslah engkau memberikannya kepada orang Lewi, orang asing, anak yatim dan kepada janda, supaya mereka dapat makan di dalam tempatmu dan menjadi kenyang.
Dengan melihat alur dan asal muasal persepuluhan yang adalah 'Milik Pusaka' berdasar janji Tuhan, maka menjadi suatu kelancangan dalam prilaku manusia, apabila ada pihak yang membebankan penyediaan persepuluhan kepada ‘Setiap orang’ Israel. Dan menjadi kelancangan pula dihadapan Tuhan bagi orang-orang yang mencoba menentang orang-orang tertentu untuk tidak mengantarkan persepuluhan yang berasal dari Tuhan untuk menjadi milik pusaka bagi Harun dan Lewi.

Karena milik pusaka senilai sepersepuluhan bagi Harun dan Lewi bukanlah berasal dari hasil usaha pribadi orang Israel yang menjadi pengantar berkat. Makanya Musa mengingatkan kepada orang Israel yang terpilih menjadi saluran berkat Tuhan dengan berkata demikian:
Kitab Ulangan 8
8:17 Maka janganlah kaukatakan dalam hatimu: Kekuasaanku dan kekuatan tangankulah yang membuat aku memperoleh kekayaan ini.
8:18 Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah YANG MEMBERIKAN kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya DERNGAN SUMPAH kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.
Dan bagi pihak yang mencoba menghalangi orang yang terpilih menjadi saluran berkat senilai sepersepuluh dari berkat Tuhan agar mereka jangan menyisihkan berkat yang diterimanya dari Tuhan dan memberikannya untuk menjadi milik pusaka bagi Harun dan Lewi, adalah sangat lancang karena perbuatan demikian telah mencoba menentang Tuhan dan menghalangi penggenapan janji Tuhan  yang sudah berjanji menyediakan milik pusaka bagi Harun dan Lewi.

Apakah para penentang pemberian nilai sepersepuluh dari berkat Tuhan itu tidak wajib lagi diberikan dikarenakan Harun dan Lewi sudah tidak ada?

Alkitab bukanlah buku catatan yang berisi firman Tuhan yang pernah salah perhitungan. Firman Tuhan soal milik pusaka senilai sepersepuluh itu memang asal mulanya adalah melalui diri Harun dan Lewi. Tetapi Firman Tuhan juga sudah menjelaskann dasar adanya pemberian nilai persepuluhan itu adalah karena’Untuk membalas pekerjaan mereka’ yang menjadi penanggungjawab pelaksana peribadatan demi nama Tuhan.
Kitab Ulangan 18
A-18:1. "Imam-imam orang Lewi, seluruh suku Lewi, janganlah mendapat bagian milik pusaka BERSAMA-SAMA orang Israel; dari korban api-apian kepada TUHAN dan apa yang menjadi milik-Nya harus mereka mendapat rezeki.
18:2 Janganlah ia mempunyai MILIK PUSAKA di tengah-tengah saudara-saudaranya; TUHANLAH MILIK PUSAKA-nya seperti yang DIJANJIKAN-Nya kepadanya.
18:4 Hasil pertama dari gandummu, dari anggurmu dan minyakmu, dan bulu guntingan pertama dari dombamu haruslah kauberikan kepadanya.

B-18:5 Sebab dialah yang dipilih oleh TUHAN, Allahmu, dari segala sukumu, supaya ia senantiasa MELAYANI TUHAN dan menyelenggarakan kebaktian demi nama-Nya, ia dan anak-anaknya.
18:6 Apabila seorang Lewi datang dari tempat manapun di Israel, di mana ia tinggal sebagai pendatang, dan dengan sepenuh hati masuk ke tempat yang akan dipilih TUHAN,
18:7 DAN MENYELENGGARAKAN KEBAKTIAN demi nama TUHAN, Allahnya, sama seperti semua saudaranya, orang-orang Lewi, yang melayani TUHAN di sana,
18:8 MAKA HARUSLAH MEREKA MENDAPAT REZEKI yang sama, dengan tidak terhitung apa yang ia peroleh dengan menjual harta nenek moyangnya."
Jadi dasar pemberian hak atas persepuluhan yang juga sumbernya akan berasal dari Tuhan melalui orang-orang yang terpilih sebagai saluran berkat-Nya, sejak awal sudah dijelaskan, bukanlah semata-mata hanya karena soal keberadaan pribadi Imam Harun dan suku Lewi yang tidak mendapat bagian tanah perjanjian.

Melainkan hak mendapat pusaka persepuluhan bagi Harun dan Lewi itu juga adalah sebagai balasan dari Tuhan atas pekerjaan mereka yang khusus menjadi penyelenggara peribadatan demi nama Tuhan. Jadi hak atas persepuluhan ada pada diri tiap orang yang bertugas menjadi penyelenggara Ibadah demi nama Tuhan dimanapun dan ditempat apapun peribadatan demi nama Tuhan itu berlangsung.

Dan saat ini, gereja juga sekaligus mengemban fungsi pembagian persepuluhan yang diteriman-Nya dari Tuhan dan kemudian juga membagikannya sebagian kepada orang-orang miskin diantara jemaatnya. Sehingga prilaku kikir yang menghinggapi diri orang orang yang mencoba menghalangi orang lain untuk mengantarkan nilai sepersepuluh dari berkat Tuhan dalam hidupnya, juga akan menjadi salah total karena nilai sepersepuluh dari janji Tuhan tersebut adalah hak pusaka pemberian dari Tuhan kepada ‘Penyelenggara Peribadatan Demi Nama Tuhan’.

Adakah para penyelenggara peribadatan demi nama Tuhan yang menyeleweng dan melanggar Firman TUHAN soal penerapan persepuluhan ini?-- Jelas ada.

Bahkan ada yang bermissi memperkaya dirinya dan menjadi pemeras jemaatnya. Karena itu, berdasar penjelasan komplit ayat Alkitab, persepuluhan bukanlah pajak kewajiban setiap orang atau setiap jemaat setiap bulan. Melainkan persepuluhan adalah kiriman berkat dari Tuhan melalui orang-orang tertentu dan bergantri-ganti menjadi saluran berkat Tuhan.

Jadi para penyelenggara peribadatan demi nama Tuhan harus dengan Iman menanti berkat dari Tuhan untuk mendapatkan hak persepuluhannya. Para penerima pusaka persepuluhan bukan malah berinisiatif aktif membebani 'Setiap orang' atau setiap jemaat untuk wajib menyediakan persepuluhan dari penghasilan hidupnya yang diterimanya setiap bulan. Karena hal itu adalah merupakan satu bentuk inisiatif penerapan hawa nafsu dan bentuk ketiadaan imannya menanti berkatnya dari Tuhan.

Makanya dikatakan Tuhan dalam Firman-Nya, ‘Dari Antara Orang Israel’. Bukan dikatakan dari ‘Setiap Orang Israel’. Kata’Atara’ maknanya ada celah celah atau bercelah, atau ada celah kosong, bukan merata keseluruhan. Karena kalau merata dibebankan keseluruhan kepada stiap orang miskin wajib menyediakan persepuluhan bagi semua para penyelenggaran Ibadah demi nama Tuhan, maka itu jelas melanggar Hukum keadilan Tuhan sendiri. Sehingga pelanggaran hukum keadilan seperti itu mustahil akan pernah terjadi. Mustahil kalau Tuhan akan pernah membebani orang miskin dan yang hanya hidup pas-pasan setiap bulan dengan penghasilannya, namun malah diwajibkan Tuhan untuk rutin menyediakan persepuluhan bagi penyelenggara peribadatan demi nama Tuhan. Jelas prinsip dan penerapan persepuluhan demikian salah total dan tidak sesuai maksud ayat Alkitab.

Tuhan sendiri yang berjanji memberikan milik pusaka berupa persepuluhan kepada para penyelenggaran kebaktian demi nama Tuhan, maka Tuhan pula yang menepati janji-Nya menyedaiakan dan memberikan persepuluhan itu melalui orang-orang tertentu yang diberkatinya sebagai saluran pengantar persepuluhan dari Tuhan kepada para penyelenggara Ibadah demi nama Tuhan. Masakan Tuhan yang berjanji memberikan milik pusaka sepersepuluh, malah jadi manusia yang dibebankan Tuhan menggenapi janji-Nya?
Kitab Bilangan 18
18:20. TUHAN berfirman kepada Harun: "Di negeri mereka engkau tidak akan mendapat MILIK PUSAKA dan tidak akan beroleh bagian di tengah-tengah mereka; Akulah bagianmu dan MILIK PUSAKAmu di tengah-tengah orang Israel.
18:21 Mengenai bani Lewi, sesungguhnya AKU BERIKAN kepada mereka segala persembahan persepuluhan DI ANTARA ORANG ISRAEL SEBAGAI MILIK PUSAKA-nya, UNTUK MEMBALAS pekerjaan yang dilakukan mereka, pekerjaan pada Kemah Pertemuan.

18:24 sebab persembahan persepuluhan yang dipersembahkan orang Israel kepada TUHAN sebagai persembahan khusus KU-BERIKAN kepada orang Lewi sebagai MILIK PUSAKAnya; itulah sebabnya Aku telah berfirman tentang mereka: Mereka tidak akan mendapat MILIK PUSAKA di tengah-tengah orang Israel."

18:26 "Lagi haruslah engkau berbicara kepada orang Lewi dan berkata kepada mereka: Apabila kamu menerima DARI PIHAK ORANG ISRAEL (Bukan Setiap Orang Israel) persembahan persepuluhan yang KU-BERIKAN kepadamu dari pihak mereka sebagai MILIK PUSAKAMU, maka haruslah kamu mempersembahkan sebagian dari padanya sebagai persembahan khusus kepada TUHAN, yakni persembahan persepuluhanmu dari persembahan persepuluhan itu,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Post Bottom Ad