Apa Maksud Ucapan Yesus 'Bapa Lebih Besar Dari Aku'? - Yesus Allah Sejati

Yesus Allah Sejati

Yesus Allah Pencipta Langit Bumi

Artikel Terbaru

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 16 Oktober 2017

Apa Maksud Ucapan Yesus 'Bapa Lebih Besar Dari Aku'?

Apa Maksud Ucapan Yesus 'Bapa Lebih Besar Dari Aku'?


Satu pernyataan dari Yesus yang saya tulis menjadi judul artikel ini sering membuat sebagian umat kristen menjadi bingung dan bahkan berkesimpulan kalau ternyata Yesus lebih kecil dari Bapa. Kata 'lebih besar' yang diucapkan Yesus tersebut langsung dipertentangkan sebagian umat kristen dengan lawan katanya yaitu ' lebih kecil'.

Sebagaimana juga kata yang sama yang tertulis 'sebelah kanan' sering langsung diipertentangkan dengan kalimat 'sebelah kiri'. Padahal pernyatan-pernyataan Yesus itu harus diteliti maksud konteks dan maksud Alegorisnya (perlambangan, ibarat) soal apa, agar kita jangan terlebih dahulu berkesimpulan dengan membuat kata pertentangannya.

Bahkan kaliimat Yesus yang berkata 'sebab Bapa lebih besar dari pada Aku, malah diijadikan kelompok yang menamakan diri sebagai saksi Yehovah untuk menyangkal ketuhanan Yesus dengan menjustifikasi kalau Yesus bukanlah Allah itu sendiri. Saksi Yehovah hanya percaya kalau Yesus adalah Juru Selamat, ”Putra Allah”, dan ”yang sulung dari antara semua ciptaan”. (Yohanes 1:34; Kolose 1:15; Kisah 5:31) Saksi Yehovah percaya kalau Yesus adalah makhluk yang diciptakan.

Sehingga dasar pengertian yang salah atas ucapan Yesus tersebut membuat banyak pihak memposisikan Yesus bukan sebagai Allah pencipta langit dan bumi. Yesus malah diposisikan oleh mereka sebagai suruhan atau perwakilan pribadi Allah yang tidak terlihat.

Karena itu saya mengajak kita semua untuk memahami maksud kalimat ucapan Yesus tersebut, agar kita jangan selalu mencoba berkesimpulan terlebih dahulu sebelum memahami maksud alegoris dalam setiap pernyataan Yesus dalam ayat-ayat kitab.
Kitab Yohanes 14
14:28. Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku.
Kutip : "sebab Bapa lebih besar dari pada Aku". YESUS sedang berkata "Aku" adalah dalam konteks sosok Jasmani yang sedang disemayami-nya dan yang bisa terlihat mata manusia. Dia sedang menyatakan tentang keberadaan Jasmani yang didiami-Nya tersebut sebagai"Aku", agar murid-murid-Nya harus memuliakan sang Bapa yang wujud aslinya adalah sang Roh yang kekal dan kudus. Agar murid-murid-Nya jangan justru memuliakan jasmani yang disemayami-Nya tersebut.

Jadi ucapan YESUS yang adalah Bapa itu sendiri sedang memberitahukan keberadaan diri-Nya yang adalah SANG ROH KEKAL, Bahwa Ia jauh lebih besar daripada sekedar ukuran keberadaan Jasmani yang didiami-Nya dan sedang mengerjakan karya penyelamatan dibumi dan yang dapat lihat oleh murid-murid-Nya tersebut. Dia yang adalah Sang Roh kekal tidaklah sebesar ukuran jasmani yang sedang didiami-Nya itu. Itulah yang dimaksudkan Yesus dalam pernyataan-Nya yang berbunyi 'sebab Bapa(ROH) lebih besar dari pada Aku(Jasmani Yang didiami-Nya)'.
Nubuat dan Ketetapan-Nya tentang jasmani yang akan didiami-Nya dikemudian hari dibumi.
Kitab Mazmur 8
82:6. Aku sendiri telah berfirman: "Kamu (jasmani)" adalah allah, dan anak-anak Yang Mahatinggi kamu sekalian. --
82:7 Namun seperti manusia kamu akan mati dan seperti salah seorang pembesar kamu akan tewas."
82:8 Bangunlah ya Allah, hakimilah bumi, sebab Engkaulah yang memiliki segala bangsa.
Pada saat manusia melihat jasmani yang disemayami-Nya ada dibumi, Dia juga sedang bertahtah di surga, DIA juga ada di Amerika, Australia, Afrika, Eropa dan didalam dasar lautan yang paling dalam dan Ia memenuhi segala sesuatu. Bahkan Dia adalah nafas hidup semua makhluk pada saat yang bersamaan itu juga.

Karena itu kita jangan heran, suara yang terdengar dari surga yang bisa didengar oleh Yohanes pembaptis saat membaptis jasmani yang didiami SANG ROH yaitu daging Yesus, suara itu adalah suara YESUS itu sendiri. Dia jelas bisa memperdengarkan bunti suara-Nya dari surga sekalipun jasmani yang didiami-Nya sedang terlihat berada dibumi.

YESUS kan bukanlah seorang manusia/daging?--Kenapa anda heran akan hal itu?. Ingat ketetapan-Nya tentang jasmani-Nya didalam Kitab Mazmur 82 : 7. Sebab kalau Yesus adalah manusia atau makhluk, maka jelas adalah sebuah kelancangan besar yang diucapkan Yesus mengenai diri-Nya yang sering berkata "Akulah Yang Awal Dan Yang Akhir".

Jasmani yang disemayami dan digiring-Nya itu"diposisikan/ditugaskan oleh-Nya sendiri untuk melakukan kewajiban-kewajiban manusia yang benar" kepada diri-Nya sendiri. Dia yang adalah Sang ROH kekal menggerakkan dan membimbing jasamni itu untuk melakukan kewajiban-kewajiban kemanusiaan yang benar kepada diri-Nya. Tetapi Dia yang bersemayam dalam jasamani itu, yaitu Sang Roh kekal, jelas-jelas bukanlah manusia.

Karena Dia bukanlah manusia, maka ketika Dia terlihat dalam rupa jasmani manusia ditanah Yahudi, maka bukan berarti Dia tidak berada di surga bertahtah pada saat itu juga. Karena Dia bukanlah manusia, maka ketika Dia terlihat dalam rupa jasmani manusia ditanah Yahudi, maka bukan berarti Dia tidak berada di benua Amerika, Australia, Afrika dan benua Asia lainnya dan juga dikedalaman laut yang paling dalam sekalipun. Sebab Dia jauh lebih besar dari yang bisa kita lihat dalam perwujudan yang diperlihatkan-Nya dalam rupa manusia.
Kitab Yeremia 23
23:24 Sekiranya ada seseorang menyembunyikan diri dalam tempat persembunyian, masakan Aku tidak melihat dia? demikianlah firman TUHAN. Tidakkah Aku memenuhi langit dan bumi? demikianlah firman TUHAN.
BIS (1985) ©
SABDAweb Yer 23:24
Tak seorang pun dapat menyembunyikan dirinya dari pandangan-Ku, sebab Aku ada di mana-mana: di surga dan di bumi.
Beberapa pernyataan-pernyataan yang terang benderang dari Yesus kalau Dia adalah Allah sang pencipta langit dan bumi:

A.Kitab Yohanes 10
10:30 AKU dan Bapa adalah satu....
B.Kitab Yohanes 14
14:9 Kata Yesus kepadanya: "Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa;.
14:10 …tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.
C.Kitab Yohanes 4
4:24. Allah itu ...ROH...
D.Kitab Yohanes 14
14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa "Dalam Nama-Ku"-Yesus
E. Kitab Yohanes 14
14:6 ..."Akulah JALAN dan Kebenara dan Hidup (Roh)
14:19 ...sebab Aku Hidup (Roh), dan kamu pun Akan hidup(roh).

Jadi Nama Bapa adalah Yesus, nama Roh Kudus adalah Yesus. Makanya Yesus berkata :
Kitab Matius 28
28:19 ....baptislah mereka dalam nama Bapa - Anak - Roh Kudus,...yaitu 'Yesus'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Post Bottom Ad